Anda pecinta kuliner soto? Ketika berwisata ke Jogja, Anda pun tak perlu khawatir bakal merindukan kuliner tersebut. Pasalnya, kuliner Jogja pun menyediakan rentetan warung soto recommended yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya bahkan sudah terkenal legendaris dan menjadi referensi bagi para warga lokal Jogja.  

1. Soto Pak Tembong

Kuliner Jogja - Soto Pak Tembong via instagram.com/soto_tembong_pelem

Soto Pak Tembong sudah berdiri sejak tahun 1965 silam. Maka tidak heran kalau pembeli soto ini datang dari berbagai generasi. Soto Pak Tembong memiliki ciri khas kuah yang bening dengan isian nasi, bihun, potongan ayam, bawang goreng dan taburan seledri. Yang menarik, isian berupa irisan kubis tidak hadir pada hidangan soto ala Pak Tembong. Untuk pilihan lauknya, kamu bisa memilih aneka gorengan, tahu bacem, sate telur puyuh, dan ati ampela ayam.

Semangkok soto Pak Tembong dipatok dengan harga mulai Rp9.000,- saja. Tapi kalau kamu penasaran dengan menu soto bakso dari Pak Tembong, maka kamu wajib membayar Rp13.000,- per mangkoknya. Nah, warung Soto Pak Tembong ada empat cabang nih. Untuk cabang yang terbaru ada di Jalan Raya Berbah Pelem Lor No. 135 Banguntapan, Jogja. Sedangkan jam buka warung dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sore.

2. Soto Lenthok Pak Mul

Kuliner Jogja - Soto Lenthok Pak Mul via travelingyuk.com

Kuliner Jogja berikut sama saja seperti kuliner soto pada umumnya. Di dalam semangkuk sotonya terdapat irisan kubis, tauge, dan potongan ayam. Kuahnya pun gurih dan nyaris transparan. Namun yang membuat soto ini menjadi spesial adalah penambahan lauk lenthok. Lenthok sendiri merupakan bahan tambahan untuk soto yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Cara memasaknya dikukus lantas dihaluskan bersama bumbu-bumbu untuk kemudian digoreng.

Setiap porsi soto Lenthok Pak Mul lengkap dengan tambahan menu lenthoknya dibanderol sekitar Rp13.000,-. Kalau kamu mau tambah lauk seperti tempe mendoan, kamu cuma perlu menambah uang Rp500 per potongnya. Akses menuju warung soto Lenthok Pak Mul pun mudah. Tinggal ikuti saja rute kawasan Makam Pahlawan Kusumanegara - Kampung Natikan – Celeban. Datanglah sebelum jam 10 agar tak kehabisan.

3. Soto Daging Sapi Pak Syamsul

Kuliner Jogja - Soto Daging Sapi Pak Syamsul via instagram.com/brojajan

Kamu berencana menjelajahi pasar Kolombo Jogja? Maka sempatkan untuk mampir ke Soto Daging Sapi Pak Syamsul ini.  Santapan ini paling pas dinikmati sebagai menu sarapan kamu nih. Sudah buka sejak tahun 1980an, resep soto Jawa Timuran ala Pak Syamsul ini tak pernah berubah. Kuah dari soto ini merupakan hasil rebusan sengkel dan daging sandung lamur. Sehingga, bukannya bening, kuah yang dihasilkan pun cenderung lebih pekat dan sarat citarasa kaldu.

Daging sapinya pun empuk dan bisa dikombinasikan dengan lauk babat, usus, tempe, paru, perkedel, hingga otak goreng. Soto daging sapi Pak Syamsul porsi kecil harganya cuma Rp4.000,- saja. Tapi bagi kamu penikmat soto porsi jumbo, maka semangkoknya akan dibanderol seharga Rp12.000,-.

Nah, kendati sederhana, warung-warung soto kuliner Jogja di atas terbukti tak pernah mengecewakan para penggemar setianya. Itulah resep yang menjadikannya tetap eksis hingga masa sekarang. Alhasil, yuk coba sendiri dan rasakan setiap sensasi kelezatannya!