Hidangan sate yang paling gampang ditemui pastinya berasal dari Madura ya? Sedangkan ketika memikirkan makanan khas Bali, kamu pasti tak akan langsung terpikir tentang hidangan sate. Padahal, Bali juga punya sederet hidangan sate dengan citarasa unik tersendiri. Mayoritas akan terasa segar, pedas, sedikit manis, namun kaya akan rempah. Membayangkannya saja sudah bikin lapar ya? Biar tak penasaran, berikut 3 sate khas Bali terfavorit yang nantinya wajib kamu coba.

1. Sate Susu

Makanan Khas Bali - Sate Susu via instagram.com/dhaneeeeee

Kenapa hidangan sate ini dijuluki dengan sebutan sate susu? Alasannya bukan karena sate ini terbuat dari bahan dasar susu, lho. Lebih tepatnya, sate ini terbuat dari bahan puting susu sapi.  Bahan ini pun dipotong-potong ke dalam bentuk dadu lalu direbus hingga empuk. Setelah itu, potongan-potongan ini dibumbui dan dibakar di atas bara api. Nantinya, jangan kaget kalau sate ini tidak dibumbui dengan bumbu kacang dan kecap.

Pasalnya, sate ini identik dengan bumbu yang terbuat dari campuran adonan tepung beras, kencur, cabai, santan, bawang putih, dan cabai rawit. Sate susu biasa dijual di kawasan Jalan Ahmad Yani, Denpasar Barat. Sayangnya, kuliner satu ini cuma tersedia di kala bulan puasa saja. Alhasil, demi mencicipi sate ini kamu harus sabar menunggu bulan puasa tiba.

2. Sate Plecing

Makanan Khas Bali - Sate Plecing via instagram.com/lisayu76

Makanan khas Bali berupa sate yang berikutnya adalah sate plecing. Sate plecing khas Bali yang terkenal bisa kamu jumpai di Sate Plecing Arjuna, Bali. Sate plecing sendiri pada dasarnya terbuat dari daging sapi atau daging babi. Sate ini juga seperti biasa dibakar di atas arang hingga daging akhirnya matang sempurna. Lantas, apa yang membedakan sate ini dari hidangan sate lainnya?

Keistimewaan sate ini terletak pada susunan bumbunya yang kompleks. Bukan memakai bumbu kacang kecap, sate plecing justru dilumuri dengan bumbu sambal plecing yang kecut pedas. Bumbu ini terdiri atas bahan-bahan seperti tomat, garam, gula, jeruk limau, cabai, bawang putih, terasi, dan bawang merah. Nah, semisal kamu  belum sempat ke Bali, boleh banget tuh resepnya kamu coba di rumah!

3. Sate Lilit

Makanan Khas Bali - Sate Lilit via instagram.com/sate_lilit_bu_made

Ini nih hidangan sate khas Bali yang paling terkenal. Sate lilit bisa terbuat dari berbagai macam daging, mulai dari daging sapi, ikan, ayam, babi, hingga kura-kura. Namun pengolahannya wajib dicampurkan dengan santan, kelapa parut, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Terakhir, adonan akan dililitkan ke tusuk bambu atau serai untuk selanjutnya dibakar.

Itulah deretan hidangan sate yang juga menjadi makanan khas Bali hingga kini.  Ada yang halal dan ada yang non-halal. Dengan begini, selamat mencoba ya!