Pada umumnya, kamu mungkin lebih familiar dengan hidangan sate berupa sate ayam atau sate kambing. Sementara di kuliner Lombok, kamu justru bakal disuguhi lebih banyak varian sate dengan isian daging yang berbeda-beda.

Seperti contohnya nih, kamu bisa memesan sate ikan, sate jeroan, hingga sate daging sapi. Makanya, kamu tak perlu khawatir kalau mendadak ngidam sajian sate ketika bertandang ke daerah Lombok. Lebih lengkapnya, kamu bisa membeli sate-sate tersebut di warung-warung berikut.

1. Sate Bulayak Suranadi

Kuliner Lombok - Sate Bulayak Suranadi via instagram.com/vanchan_diaries

Sate di Lombok yang bisa dicoba pertama adalah sate bulayak yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Tidak jarang, kuliner ini dicampur dengan jeroan. Daging dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan memanfaatkan lidi pohon aren. Bumbunya adalah perpaduan antara kacang tanah, santan dan yang lainnya. Nah, sebelum dibakar, daging ini diberi bumbu terlebih dahulu.

Bisanya sate bulayak ini disajikan degan lontong yang dibalut dengan daun aren. Menu ini banyak didapati di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Sate Bulayak Suranadi. Tempatnya berada di Suranadi, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Sate Ikan Tanjung

Kuliner Lombok - Sate Ikan Tanjung via instagram.com/williammasura

Sate di kuliner Lombok lainnya ada sate tanjung yang terbuat dari ikan cakalang ataupun langoan. Kuliner ini merupakan khas dari Lombok Utara yang merupakan kawasan pesisir, maka dari itulah banyak dihasilkan olahan ikan.

Daging ikan dihaluskan kemudian diberi bumbu berupa rempah-rempah kemudian dibakar. Citarasanya pedas gurih meskipun tidak ditambah apa-apa. Buat kamu yang ingin mencicipinya, banyak bertebaran di Pasar Tanjung ataupun juga Terminal Tanjung.

3. Sate Rembiga Utama Ririn

Kuliner Lombok - Sate Rembiga via instagram.com/dapur_bu_mami

Dinamakan sate rembiga lantaran berasal dari daerah Rembiga. Ini merupakan sate khas Lombok yang memiliki bahan utama daging sapi. Proses pembuatan sate ini cukup unik dan memakan waktu. Daging sapi dimarinasi terlebih dahulu beberapa waktu kemudian ditusuk dan dibakar. Citarasanya pedas ada manis-manisnya.

Biasanya, sate rembiga khas kuliner Lombok ini dipadu dengan lontong dan juga plecing kangkung yang tak kalah pedasnya. Untuk menyantap sate rembiga, kamu bisa berkunjung ke Warung Sate Rembiga Utama Bu Ririn. Alamatnya berada di Jl. Dr. Wahidin No. 5, Rembiga, Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat.