Biasanya, kalau mendapati bahan makanan berupa kerang, pasti paling umum akan diolah menjadi kerang asam manis atau sate kerang. Begitu pula dengan kuliner Medan berikut ini nih. Adalah Sate Kerang Rahmat, kuliner legendaris Medan yang jadi kuliner bahari andalan di Kota Melayu Deli.

Bumbu merahnya begitu menggoda dan sampai tumpah-tumpah! Dijamin, kerangnya pun jauh dari bau amis, empuk, dan rempahnya meresap. Tapi, di mana sih tempat dijualnya sate kerang nikmat asal Medan ini?

Sudah Ada Lebih dari 60 Tahun yang Lalu

Kuliner Medan - Sate Kerang Pak Rahmat via instagram.com/meufood

Sate kerang olahan Pak Rahmat Effendi terletak di Jalan Kruing No. 3D, Sekip, Medan. Rahmat Effendi memang sudah dekat dengan kuliner yang satu ini sejak almarhumah ibunda, Turkiah, lebih dulu menjajakan sate kerang buatannya.

Usaha ibu Turkiah membuat dan menjual sate kerang sudah dimulai sejak 1957. Usaha ini menjadi andalan. Meski begitu, pengemasannya masih sangat sederhana dan hanya dijual di lingkungan tempat tinggal.

Dari perjuangan ibunda, Rahmat Effendi memiliki impian agar sate kerang bisa naik level, sejajar dengan kuliner khas Medan yang sudah lebih dulu dikenal banyak orang. Sebab impiannya itulah, usaha Sate Kerang Rahmat mulai dikenali masyarakat luas.

Kerang Kualitas Pilihan adalah Kuncinya

Menyadari impiannya yang tinggi, Rahmat Effendi berusaha keras memberikan yang terbaik untuk usaha sate kerang miliknya, seperti pemilihan bahan baku yang berkualitas.

Rahmat Effendi tidak sembarangan memilih kerang. Jenis kerang yang dipilihnya, hanya kerang bulu berkualitas super tanpa pasir yang seringkali sangat mengganggu citarasa sate.

Kuliner Medan dengan Bumbu Ngangenin

Kuliner Medan - Sate Kerang Pak Rahmat via instagram.com/ceritamelalak

Selain memilih kualitas kerang bulu yang baik, Rahmat Effendi juga memperhatikan dari segi ukuran. Sehingga, ukuran kerang yang dipilih untuk dijadikan sate, besarnya seragam. Dalam satu tusuk kerang, kamu bisa mendapati 3 sampai 4 kerang bulu dengan balutan bumbu yang lezat.

Bukan hanya kerang, kualitas rasa pada bumbu sate miliknya pun diperhatikan dengan serius. Sejauh ini, Sate Kerang Rahmat tersedia dalam tiga varian bumbu, yaitu rasa original, pedas dan manis pedas. Bumbu pada sate kerang buatannya juga melimpah. Sehingga cita rasa Kuliner Medan ini menjadi lebih jelas dikenali.