Penasaran ingin menjajal aneka makanan khas Papua dan minuman khas Papua yang menggoyang lidah? Ternyata, kamu tidak harus repot-repot bertandang ke Papua terlebih dahulu. Cukup arahkan kendaraanmu ke daerah Bandung, lebih tepatnya ke Jalan Dr. Setiabudi Nomor 24 A. Di sana, kamu bakal menjumpai sebuah resto kuliner asli Papua yang bertajuk Danau Sentani Resto.

Dekorasi yang Amat Mencerminkan Tanah Papua

Makanan Khas Papua - Danau Sentani Resto via instagram.com/danausentaniresto

Dari kejauhan saja, sudah terlihat bahwa Danau Sentani Resto punya konsep bangunan yang unik. Sebagian atap dan pagar dilapisi dengan bahan yang mirip dengan jerami atau ilalang. Tak perlu heran, karena pemilik restoran ini memang meminjam konsep dari Rumah Honai.

Rumah Honai merupakan rumah adat tradisional Papua. Biasanya dirancang dengan ruangan yang tidak terlalu luas dan sengaja tidak diberi jendela guna menahan udara dingin. Berada di Danau Sentani Resto, kita serasa seperti sedang duduk di sebuah Rumah Honai yang ada di di pulau asal burung Cendrawasih.

Makanan Khas Papua - Danau Sentani Resto via instagram.com/danausentaniresto

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Danau Sentai Resto menyediakan beragam menu khas Papua. Beberapa yang cukup direkomendasikan antara lain papeda, bakar batu, dan abon gulung. Papeda adalah bubur yang terbuat dari sagu dan biasanya disajikan dengan kuah kuning. Teksturnya lengket mirip lem dan harus digulung-gulung dulu dengan sumpit agar lebih mudah disantap.

Selain papeda, pengunjung juga bisa merasakan sensasi nikmatnya bakar batu. Bakar Batu merupakan cara memasak ala Papua yang unik. Sejumlah batu dipanaskan di atas bara api sebelum dimasukkan ke dalam lubang yang sudah digali sebelumnya di tanah.

Setelah itu bahan masakan yang sudah dibungkus daun dimasukkan ke dalam, dikubur kembali, dan ditunggu matang sebelum dikeluarkan. Bakar batu di Danau Sentani Resto disajikan dalam bentuk daging wagyu, kentang, talas, dan jagung.

Terakhir, ada juga menu abon gulung. Usut punya usut, hidangan ini ternyata merupakan salah satu oleh-oleh favorit dari daerah Papua. Pengunjung amat disarankan mencoba menu makanan khas Papua ini jika sedang berada di Danau Sentani Resto.