Jamur menjadi alternatif bahan makanan yang menyehatkan sekaligus tak kalah lezat dari olahan daging sekalipun. Inilah kenapa di kuliner Jogja, terdapat sebuah resto yang khusus menjual beragam menu olahan jamur sejak tahun 1990an.

Adalah Resto Jejamuran, sebuah resto di Jalan Pramuka No. 53, Pandowoharjo yang memiliki ide konsep resto semacam ini. Kendati semua menunya hanya mengandalkan bahan utama jamur, tapi resto ini tak pernah sepi pengunjung, lho. Nah, kok bisa ya?

Sudah Ada Sejak 20 Tahun yang Lalu

Kuliner Jogja - Resto Jejamuran via instagram.com/rwidyastuty

Kerennya, resto ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1997 silam. Ia pun didirikan oleh pemiliknya yang bernama Ratidjo. Hingga kini, konsep resto sebagai resto khusus berjualan menu olahan jamur masih konsisten dipertahankan.

Ini karena sang pemilik ingin memperkenalkan bahan jamur sebagai bahan makanan kaya serat yang patut dikonsumsi oleh siapa saja. Tak terkecuali bagi para pejuang diet hingga anak-anak.

Jamur yang Dimasak dari Hasil Kebun Sendiri

Kuliner Jogja berikut mendapatkan bahan mentah jamur mereka dari kebun mereka sendiri. Sehingga, dapat dipastikan bahwa setiap bahan jamur yang dimasak di sini merupakan hasil panen jamur segar tanpa bahan pengawet. Selain segar, cara memasak jamurnya pun dijamin profesional, higienis, dan menawarkan cita rasa yang lezat.

Kalau pun kamu penasaran dengan cara budidaya jamur yang baik dan benar, kamu tak perlu segan untuk bertanya pada pegawai resto yang ada. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan bagaimana proses penanaman hingga proses panen agar mendapatkan hasil jamur yang berkualitas.

Kuliner Jogja - Resto Jejamuran via instagram.com/eugeniaelisa

Menu yang ditawarkan di Resto Jejamuran adalah aneka menu olahan jamur khas nusantara. Sebut saja seperti tongseng jamur, gulai jamur, hingga sate jamur dengan bumbu kacang kecap yang manis sedap. Tak kalah unik, menu minuman di sini pun bahannya juga ada yang diambil dari bahan jamur lho. Seperti pada menu jus jeruk jamur dan wedang jejamuran.

Nah, itu tadi ulasan tentang Resto Jejamuran yang tak luput menjadi andalan di kuliner Jogja. Penasaran seperti apa rasanya? Maka segera jadwalkan tanggal untuk wisata kuliner ke sini, ya?