Mulai dari Pantai Suwuk sampai Pantai Karangbolong, Kebumen tak henti-hentinya mempersembahkan barisan pantai dengan nilai kecantikan yang luar biasa. Selain kedua pantai di atas, masih ada banyak wisata alam Kebumen yang menanti untuk dieksplor lebih jauh.

Sudah menjadi tugasmu sebagai seorang traveler sejati untuk melakukannya. Sehingga, di waktu mendatang, pastikan kamu berjanji bakal mengunjungi tiga spot wisata alam terkece Kebumen berikut ini.

1. Pantai Ayah

Pantai Suwuk - Pantai Ayah via travelingyuk.com

Di Kebumen wisatawan bisa menemukan wisata yang mengkombinasikan antara pantai dengan hutan jati. Tidak biasa memang, pantai biasanya identik dengan perkebunan kelapa namun pantai yang berada di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini dikelilingi dengan hutan jati. Pantai tersebut bernama Pantai Ayah atau dikenal juga dengan nama lain sebagai Pantai Logending.

Pantai yang sekaligus menjadi muara sungai Bodo ini memiliki area yang luas dengan jajaran kapal nelayan yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menelusuri sungai tersebut.

Bersama keluarga, Anda dapat menghabiskan waktu seharian di pantai dengan berbagai aktivitas seperti bermain bola, volly pantai atau sekedar bersantai menikmati suasana indah pesisir. Dijamin, pesonanya bisa diadu dengan pesona milik Pantai Suwuk!

2. Gua Jatijajar

Pantai Suwuk - Gua Jatijajar via travelingyuk.com

Berada tidak jauh dari lokasi wisata Pantai Ayah, Anda dapat mampir ke Gua Jatijajar. Konon keindahan gua yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah ini sudah terkenal hingga mancanegara. So, sudah selayaknya destinasi ini masuk dalam list liburan Anda selama mudik lebaran. Ruangan gua ini sangat luas dengan ukuran dari pintu masuk hingga pintu keluar sepanjang 250 meter.

Menurut informasi yang didapat dari laman resmi Pemkab Kebumen, Gua Jatijajar memiliki keunikan berupa adanya 4 sungai atau sendang yang mengalir di dalam gua. Sendang-sendang tersebut bernama Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

Fasilitas pendukung di dalam gua juga cukup komplit dengan adanya tangga dan pegangan untuk pengunjung agar tidak kepleset serta lampu terang beraneka warna yang membuat gradasi warna dinding gua makin cantik.

3. Pantai Menganti

Pantai Suwuk - Pantai Menganti via travelingyuk.com

Pantai Menganti disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Kebumen. Hal ini merujuk pada lokasinya yang dikelilingi bukit sehingga membuatnya seakan terselimuti dari pandangan wisatawan. Namun kini keindahan pantai ini mulai terendus oleh wisatawan. Pasir putihnya yang mirip seperti milik Pantai Suwuk dengan pemandangan indah dari atas bukit membuat siapa saja akan tergoda.