Kalau kamu hendak melancong ke pantai yang masih tergolong sebagai Pantai Selatan, biasanya kamu bakal mendapati cerita mitos fenomena penampakan ratu Pantai Selatan.

Waduh, seram juga ya? Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, ada satu kebenaran yang mesti kamu tahu: di Jogja, ada pantai Selatan yang disebut sebagai gugusan pulau karang terindah. Nah, kamu jadi penasaran kan? Makanya, yuk segera merapat untuk mendapatkan informasi ulasan pantai tersebut di bawah!

Butuh Menyewa Transportasi yang Mumpuni

Pantai Selatan - Pantai Timang Jogja via travelingyuk.com

Pantai Timang Jogja jaraknya cukup jauh dari pemukiman penduduk. Hunian terakhir yang terdekat dengan wisata ini kurang lebih berjarak sekitar 1 jam dengan berjalan kaki.

Sebenarnya jika ditarik garis lurus, jaraknya mungkin hanya sekitar 1 km, namun medannya yang berliku dan naik turun lah yang menyebabkan perjalanan lama. Jika kalian membawa motor, maka akan lebih mudah. Namun perlu berhati-hati karena jalannya terjal dan susunan bebatuannya cukup tajam.

Pantai Timang Jogja juga disediakan ojek motor dengan tarif Rp50 ribu untuk pulang pergi. Jika datang bersama rombongan atau banyak orang, Kamu bisa menyewa Jeep dengan tarif Rp350 ribu untuk pulang pergi.

Bukit Karang yang Jadi Tumpuan Mata Pencaharian

Pantai Selatan - Pantai Timang Jogja via travelingyuk.com

Pantai Timang Jogja terbagi menjadi dua sisi. Pertama yang akan Kamu jumpai adalah bagian teluk kecil berpasir putih dan ombaknya pun tidak terlalu besar. Di sisi yang ini cukup aman untuk bermain-main di pasir putihnya kendati Ia tergolong sebagai Pantai Selatan.

Dan jika kalian naik sedikit lagi, maka akan kalian jumpai maskot Pantai Timang itu sendiri, yaitu pulau Timang yang berada di seberang. Pulau Timang Jogja sendiri merupakan sebuah bongkahan bukit karang yang cukup besar. Awalnya, pulau ini digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari udang lobster.

Namun karena tidak memungkinkan menggunakan perahu untuk menuju ke pulau itu, maka dibuatlah gondola gantung yang memudahkan para nelayan. Terlebih lagi, hal ini mengingat keadaan pantai Timang sebagai bagian dari Pantai Selatan yang berombak ganas.