Siapa bilang Garut tidak punya opsi wisata pantai dengan panorama yang cantik menawan? Faktanya, ada banyak deratan pantai di wilayah Garut yang sudah memiliki ‘nama’ seperti Pantai Santolo, Pantai Puncak Guha, hingga Pantai Sayang Heulang.

Sehingga, kamu yang berdomisili di daerah Jawa Barat tak perlu jauh-jauh melipir ke Pulau Dewata demi menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari tenggelam. Tapi ingat ya, pantai-pantai di Garut ini punya ombak ganas dengan karang yang tajam. Jadi, kamu perlu lebih berhati-hati ketika berlibur kemari. Lebih lengkapnya, simak yuk informasi lokasi hingga pesona pantai-pantai Garut di bawah ini!

1. Pantai Puncak Guha

Pantai Santolo - Pantai Puncak Guha via travelingyuk.com

Jadi ini pantai atau puncak bukit? Tentu jawabannya adalah pantai. Desebut begitu karena terdapat tebing-tebing tinggi yang ditutupi rerumputan hijau. Ada satu gua kelelawar yang menjadi ciri khasnya. Lokasi lebih tepatnya dari pantai ini adalah di wilayah Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Akses ke sini butuh waktu lama, jika kamu berangkat dari pusat Kabupaten Garut harus menempuh perjalanan selama 3 hingga 4 jam dengan jarak sekitar 95 km. Rute yang dilalui adalah Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya.

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Santolo - Pantai Sayang Heulang via travelingyuk.com

Destinasi wisata di Garut ini memang indah dengan hamparan pasir pantai yang luas. Panjang garis pantainya saja mencapai 2 km dengan lebar sekitar 50 meter. Terdapat jembatan ikonik yang sering dijadikan spot foto Instagramable. Selain itu, fasilitasnya juga lumayan lengkap serta memiliki area yang bersih.

Belum puas bersenang-senang seharian? Kamu bisa memanfaatkan area berkemah untuk sekadar bermalam dan mendapat bonus pemandangan sunrise serta sunset keren. Untuk ke sini, kamu bisa memacu kendaraan selama sekitar 3 jam dan menempuh jarak 88 km dari pusat Kabupaten Garut melalui jalur Cikajang.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo - Pantai Santolo via travelingyuk.com

Sentolo atau Santolo juga dikenal sebagai kawasan perkampungan para nelayan. Jadi, di dekat pantai terdapat rumah-rumah dan perahu-perahu. Menemukan penjual ikan bukanlah hal yang sulit, bahkan mungkin kamu bisa menemukan jenis-jenis yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya.

Bayangkan saja, kamu merasakan kuliner yang enak sambil menikmati pemandangan. Ada ombak yang bergulungan dan saat senja datang, langi dit Pantai Santolo ini jadi semakin menawan. Mau yang lebih seru? Ada banana boat yang disewakan dengan harga sekitar Rp25.000.