Sehabis mampir ke deretan pantai terbaik Garut seperti Pantai Santolo hingga Pantai Sayang Heulang, maka saatnya kamu eksplor berbagai wisata alam dataran tinggi Garut yang menggoda.

Dimulai dari wisata pegunungan hingga kebun teh, kamu diharapkan dapat menyerap nuansa wisata yang sejuk dan asri lewat destinasi-destinasi berikut ini. Tak sabar ingin segera tahu rekomendasi tempat wisata dataran tinggi di Garut? Berikut daftarnya khusus untuk kamu.

1. Gunung Papandayan

Pantai Santolo - Gunung Papandayan via travelingyuk.com

Karena Garut punya julukan Swiss van Java maka cumbui dulu keindahan alamnya saat berkunjung kesana. Salah satu yang wajib disambangi pertama kali yaitu Gunung Papandayan. Gunung berapi aktif setinggi 2.667 mdpl ini cukup ramah didaki oleh petualang pemula sekalipun sebab untuk sampai di puncaknya hanya butuh trekking selama 4 jam saja.

Gunung Papandayan mempunyai empat kawah diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Dalam perjalanan menuju ke puncak, petualang akan menjumpai banyak suguhan alam nan cantik seperti padang edelweis di Tegal Alun dan pemandangan mistis di hutan mati.

2. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

Pantai Santolo - Perkebunan Teh Dayeuh Manggung via travelingyuk.com

Selesai dari Pantai Santolo, nampaknya bakal asyik kalau kamu singgah ke Perkebunan Teh Dayeuh Manggung. Meskipun belum setenar perkebunan teh di Bogor namun Perkebunan Teh Dayeuh Manggung di Garut layak untuk dikunjungi sebagai destinasi pelepas penat dan juga cuci mata. Pasalnya seperti kebun teh lainnya, Dayeuh Manggung juga berupa hamparan hijau tanaman teh yang menyejukkan mata saat dipandang.

Perkebunan Teh Dayeuh Manggung terletak di desa Sabatan, kecamatan Cilawu. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di area perkebunan teh ini selain foto-foto adalah hiking dan juga bersepeda berkeliling kebun. Tenagamu akan serasa di cas ulang selama rekreasi ke kebun teh ini.

3. Gunung Guntur

Pantai Santolo - Gunung Guntur via travelingyuk.com

Jika dibanding Gunung Papandayan dan Gunung Batur, Gunung Guntur ini adalah yang paling pendek. Ketinggian gunung ini hanya 2.249 mdpl, tapi jangan dipandang sebelah mata tentang tantangan yang akan kalian temui selama jalur pendakian.

Gunung Guntur meski paling pendek di antara gunung-gunung di Garut tapi rintangan yang dihadapi selama pendakian bisa dikatakan salah satu yang paling menantang.

Pasalnya gunung yang pernah menjadi yang teraktif pada tahun 1.800-an ini punya trek bebatuan terjal dengan kemiringan tajam yang mengharuskan pendaki melakukan semi memanjat. Jadi, jika kamu ingin model wisata yang lebih ekstrem dari main-main di Pantai Santolo, bisa banget nih untuk berkunjung kemari.