Siapa sangka kalau wisata Blitar menyimpan banyak destinasi wisata potensial, terutama pada bagian wisata alamnya. Setelah dimanjakan oleh pantai di Blitar seperti pantai Pangi, kamu masih bisa eksplor wisata alam Blitar lebih dalam lagi dengan menyambangi wana wisata Air Terjun Goa Luweng. Kamu pun dijamin puas dan betah berlama-lama di sini karena kebetulan lokasinya masih belum banyak diketahui orang.

Permata Wisata Alam Blitar Selain Pantai Pangi

Pantai Pangi - Air Terjun Goa Luweng via travelingyuk.com

Keindahan Air Terjun Goa Luweng tak perlu diragukan lagi. Letaknya cukup tersembunyi. Dari pusat kota, Kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Pantai Pangi atau Tambak, karena jalurnya searah. Tempat wisata ini berada Dusun Prodo, Desa Ngerjo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, tepat sebelum Monumen Trisula.

Saat ini, wisata di Blitar ini dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar. Bahkan, mereka tidak segan-segan mengantarkan pengunjung secara sukarela ke lokasi mengingat letaknya yang jauh dari pemukiman warga.

Masih jauh dari kata memadai, tentunya akses jalan menuju lokasi tidak cukup baik. Kamu harus melewati ladang warga dan menelusuri jalanan setapak. Sebelum sampai di air terjun, ada dua pintu yang bisa dipilih pengunjung, yaitu pintu masuk dan keluarnya air. Biasanya, wisatawan yang datang ke sini memilih lewat pintu keluar aliran air. Aksesnya memang cukup unik mengingat letaknya yang berada di sekitar gua.

Sejarah Julukan Nama Luweng

Pantai Pangi - Air Terjun Goa Luweng via travelingyuk.com

Nama Luweng sendiri berasa dari Bahasa Jawa yang berarti tungku. Hal ini dikarenakan bentuk wisata ini mirip seperti tungku dengan bagian tengah yang berlubang. Saat menjelajah sudut gua juga air terjun, Kamu wajib hati-hati lantaran jalannya cukup licin. Jika pun ingin berfoto di atas bebatuan gua, harap hati-hati.

Saat jelajah air terjun serta gua di Blitar ini, warga sekitar tak hanya mengantarkan ke area wisata. Namun, mereka juga menunjukkan serta membantu pengunjung. Tujuannya tidak lain agar wisatanya dikenal banyak orang.

Nah, saat liburan ke sini, Kamu tak perlu khawatir jika perut keroncongan. Pasalnya, seperti di Pantai pangi, di sini sudah ada warung kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk pengunjung. Warungnya berbentuk gubuk tersebut memang sederhana dan hanya terbuat dari bambu, tapi cukup jadi jujukan ketiga lapar sudah menyerang.