Akhir-akhir ini, deretan Pantai Pacitan namanya semakin melambung tinggi. Semakin banyak wisatawan yang antusias untuk membuktikan keindahan pantai andalan Pacitan seperti Pantai Pacitan Klayar, Pangasan, hingga pantai Buyutan.

Untuk membuat list wisata pantaimu lebih lengkap, jangan lupa untuk memasukkan Pantai Pikatan sebagai destinasi wisata Pantai Pacitan selanjutnya. Dulu, nama pantai ini kurang dikenal sebab Ia terletak di belakang jajaran karang dan bukit besar. Tapi, kini Ia mulai jadi objek wisata patai favorit menyusul Pantai Klayar di Pacitan.

Sempat Menjadi Viral

Pantai Pacitan - Pantai Pikatan via travelingyuk.com

Belum reda euforia tentang keindahan Pantai Pangasan, menjelang akhir tahun 2015 muncul lagi satu nama yaitu Pantai Pikatan. Lokasi pantai ini berada di sisi barat pantai Pangasan, dengan melewati beberapa bukit, maka nampaklah pantai yang dimaksud.

Terkuaknya keindahan pantai ini lantaran terdapat kapal tanker bernama Alisa XVII tujuan Cilacap yang terdampar di antara tebing Pantai Pikatan. Peristiwa ini pun kabarnya sempat menjadi viral.

Pantai Pikatan sendiri bukanlah pantai dengan karakteristik seperti pantai kebanyakan. Pantai ini tidak memiliki pasir, sehingga salah satu cara menikmatinya adalah lewat atas bukit. Atau turun bukit ke kawasan berbatu yang cukup riskan untuk dikunjungi lantaran posisinya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia yang punya ombak dahsyat.

Medan yang Cukup Terjal

Pantai Pacitan - Pantai Pikatan via travelingyuk.com

Pantai Pacitan ini sebenarnya agak sulit dijangkau. Namun, setelah bisa sampai ke sini, kamu pasti tidak akan menyesal sedikit pun. Dari Pandan Anom sebenarnya tebing pantai Pikatan terlihat dengan jelas. Kamu pun bakal kagum dengan keindahan formasi bukit karang yang ada di kejauhan, yang ternyata tidak lain adalah Pantai Pikatan itu sendiri.

Jika kamu tertarik berkunjung ke Pantai Pikatan, kamu bisa mengambil rute lewat Jalur Lintas Selatan (JLS). Susuri jalan tersebut, hingga menemukan jembatan di atas JLS. Nah, kamu harus melewati jembatan tersebut.

Setelah itu, ikuti jalan menuju desa Kalipelus. Jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar, sebab lokasi pantai ini cukup tersembunyi dan di lokasi ini tidak ada sinyal, sehingga tidak bisa kamu track lewat GPS. Semoga kamu bisa segera bertandang ke Pantai Pacitan satu ini ya!