Liburan mendatang, jadwalkan agenda untuk bertandang ke Pantai Ngobaran di Jogja yuk! Sepertinya, kamu butuh asupan vitamin sea agar jiwa dan ragamu menjadi segar kembali.

Alasan kenapa Pantai Ngobaran dipilih sebagai rekomendasi wisata pantai kali ini adalah karena daya tariknya yang lekat dengan atmosfir ala Pulau Bali. Sudah begitu, rute Pantai Ngobaran juga tidak susah sebab pantai ini juga menjadi tempat peribadatan warga sekitar.

Nuansa Pulau Dewata di Tanah Jogja

Pantai Ngobaran - Pantai Ngobaran via travelingyuk.com

Begitu sampai di lokasi, atmosfer Bali yang cukup kental akan menyambut kamu. Tak jauh dari area parkiran, terdapat sebuah pura. Setelah meminta izin pada pengelola setempat, kamu bisa langsung meluncur untuk melihat suasana sekitar.

Keindahan pintu masuk pura sungguh menambah pekat suasana ala Pulau Dewata, lengkap dengan ukiran di bagian atas serta keberadaan patung penjaga di sisi kanan dan kiri. Begitu berada di dalam, kamu bakal mendapati area lapang yang cukup luas. Tempat menaruh sesaji terlihat tertata rapi di sisi ujung.

Dari dalam pura, pemandangan Pantai Ngobaran terlihat begitu indah. Menurut informasi yang didapat dari warga setempat, lokasi ini akan ramai dipadati umat Hindhu setempat menjelang perayaan Nyepi atau Galungan.

Pusat Ibadah Penganut Kepercayaan Kejawen

Tak jauh dari pura, terdapat area terbuka lain dengan desain gerbang serupa. Di dalamnya terdapat beberapa patung dewa dari mitologi Hindhu dan Jawa. Area ini jadi salah satu favorit pengunjung untuk berfoto-foto, karena memang suasanya semakin mirip dengan Bali.

Namun berdasarkan penuturan dari pihak pengelola, lokasi ini ternyata justru dijadikan sebagai tempat peribadatan aliran Kejawen – kepercayaan yang dianut warga sekitar Pantai Ngobaran. Tidak ada banyak ritual dalam aliran ini, kecuali sesekali mengadakan kenduri atau perayaan kecil untuk mengucap syukur atas berkat Yang Maha Kuasa.

Tersedianya Spot Selfie Hits Nan Kekinian

Pantai Ngobaran - Pantai Ngobaran via travelingyuk.com

Terlepas dari atmosfer ala Bali yang ditawarkan, Pantai Ngobaran juga jadi destinasi wisata favorit anak muda karena spot selfie-nya. Di beberapa sudut pengelola sudah menyiapkan titik khusus bagi mereka yang hobi berfoto-foto.

Ada spot berbentuk hati dengan latar belakang pemandangan Samudra Hindia. Tempat foto-foto dengan desain mirip kapal juga tak kalah menariknya, terutama bagi yang ingin merasakan sensasi deburan ombak di ketinggian. Selain itu masih ada juga gazebo beratap jerami yang didirikan di sebuah karang pinggir pantai Ngobaran.