Ritual Melasti di Bali merupakan sebuah ritual adat dan agama yang dilaksanakan sebelum hari perayaan Nyepi. Tradisi ini pun diikuti oleh para umat Hindu dengan mengenakan pakaian putih seraya melakukan persembayangan di dekat tempat sumber air terdekat. Paling terkenal ritual Melasti diadakan di area Pantai Melasti alias Pantai Pandawa Bali.

Tapi, ritual ini pun juga bisa digelar di deretan pantai di Bali atau tempat perairan Bali lainnya. Bahkan nih, untuk umat Hindu di luar Bali, pilihan tempat ritual Melasti menjadi semakin beragam. Mau tahu di mana saja? Inilah informasi selengkapnya.

1. Pantai Ngobaran

Pantai Melasti - Pantai Ngobaran via instagram.com/ndromorrow

Ratusan umat Hindu di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah kerap menyambangi Pantai Ngobaran, Desa Kanigoro, untuk melakukan tradisi melasti. Rombongan datang membawa beragam sesajian suci yang kemudian diletakkan di Pura Segoro Ukir di tepian pantai.

Setelah prosesi seremonial selesai, persembahan tersebut kemudian dilarung ke lautan. Lokasi Pantai Ngobaran sendiri dipilih karena diyakini sebagai tempat Prabu Brawijaya V melakukan tapa brata, sebelum kemudian Raja Majapahit itu memutuskan menjadi pertapa.

Selain itu Pantai Ngobaran memiliki sejumlah tempat ibadah yang letaknya berdekatan. Di sekitar wilayah pantai terdapat masjid dan juga lokasi upacara kejawen.

2. Pantai Paseban

Pantai Melasti - Pantai Paseban via instagram.com/dwi.d.siswanto

Selain di Pantai Melasti, ritual Melasti juga biasa dilakukan di Pantai Paseban. Pantai Paseban menjadi tempat diadakannya upacara melasti bagi umat Hindu yang ada di willayah tapal kuda, yang meliputi Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember. Paseban sendiri merupakan bagian dari kawasan Kencong yang ada di Jember.

Para peserta prosesi melasti membawa ubo rampe alias sesembahan, biasanya terdiri dari buah-buahan, padi, serta hasil ternak. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, doa dan puji-pujian tak henti-hentinya dilantunkan. Tradisi melasti di sini biasanya tetap berlangsung khidmat meski ada orang lain yang hanya menjadi pengunjung pantai Paseban.

3. Pura Segara

Pantai Melasti - Pura Segara via instagram.com/nyomanpranata

Umat Hindu di sekitar Jakarta berkumpul di Pura Segara, Cilincing, untuk melakukan proses melasti. Rombongan biasanya datang berbondong-bondong dengan menggunakan bus dari berbagai daerah, seperti Bogor, Depok, dan juga Bekasi.

Pura Segara sendiri sudah beberapa kali menjadi tempat digelarnya ritual melasti. Hal ini membuat pemerintah Jakarta Utara mulai mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai kawasan wisata religi.

Ke depannya, kawasan ini bakal lebih dibenahi dan ditambah fasilitas umum untuk menarik minat para pengunjung. Apalagi, kini masyarakat umum Jakarta jadi bisa sedikit ikut menyaksikan prosesi ritual Melasti tanpa harus jauh-jauh bertandang ke Pantai Melasti.