Sebelum menyempatkan diri untuk melangsungkan misi getaway trip ke Pulau Dewata, kamu wajib survey panggon wisata mana saja yang akan disambangi. Jika kamu punya rencana untuk khusus berlibur ke deretan pantai di Bali, maka simak baik-baik referensi pantai Bali yang wajib dikunjungi ini. Ada Pantai Amed sampai Pantai Melasti.

Saking istimewanya pantai-pantai ini, bebeberapa ada yang juga memiliki fungsi lain selain sebagai tempat wisata, contohnya seperti Pantai Melasti prewedding. Jadi penasaran ya? Makanya, catat daftarnya sebelum kamu ketinggalan!

1. Pantai Amed

Pantai Melasti - Pantai Amed via shutterstock

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali pada umumnya, Amed yang memiliki pasir hitam ini terletak di ujung timur Pulau Bali, tepatnya Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.

Amed merupakan salah satu pantai yang mempunyai bentangan sangat panjang, sekitar 14 kilometer hingga mencakup 7 wilayah desa. Dekat dengan destinasi menyelam, Tulamben, menjadikan Pantai Amed sebagai posko bagi para penyelam.

Kamu yang ingin merasakan ketenangan selama di pantai bisa memilih destinasi wisata satu ini karena aktivitasnya belum terlalu padat. Penyelam pun menyukai laut di kawasan ini karena airnya jernih dan banyak terumbu karang dengan kondisi sehat serta terdapat ikan-ikan eksotis.

2. Pantai Melasti

Pantai Melasti - Pantai Melasti via shutterstock

Rekomendasi pantai di Bali selanjutnya adalah Pantai Melasti yang berlokasi di Desa Kutuh, Nusa Dua Kabupaten Badung. Pantai ini umumnya dijadikan sebagai lokasi Upacara Melasti, yaitu penyucian diri oleh Umat Hindu sebelum menghadapi Hari Raya Nyepi.

Pantai ini pun disebut juga dengan julukan Pantai Pandawai. Nama Pandawa dipilih oleh masyarakat sekitar karena adanya kemiripan cerita Pandawa di Kitab Mahabarata dengan sejarah terjadinya pantai ini. Keunikan lain kawasan ini terletak pada gulungan ombaknya yang bagus sehingga biasanya diburu oleh para pecinta surfing.

3. Pantai Virgin

Pantai Melasti - Pantai Virgin via shutterstock

Selain Pantai Melasti, terdapat si Pantai Virgin. Ia dijuluki White Sand Beach Bali oleh para pelancong asing berkat hamparan pasir putih, namun lebih dikenal sebagai Pantai Perasi Karangasem oleh penduduk sekitar karena terletak di Desa Perasi Kabupaten Karangasem. Pantai Virgin berjarak cukup jauh dari Kuta, kurang lebih 74 kilometer, sehingga tidak begitu banyak wisatawan yang bertandang ke pantai dengan panorama elok ini.