Wilayah Kepulauan Seribu mendapatkan namanya bukan dari sembarang celetukan saja. Tak dinyana, Kepulauan Seribu mempersembahkan gugusan kepulauan dengan penghuni yang ditaksir mencapai hingga 20.000 penduduk.

Beberapa pulau ini ada yang lokasinya tak jauh dari Pantai Marina Ancol alias Pantai Marina Jakarta. Dan tentu semuanya menawarkan eksotika objek wisata pantai ala kepulauan yang oke punya. Penasaran mana saja pulau di Kepulauan Seribu yang mesti dituju? Simak di bawah ini.

1. Pulau Tidung

Pantai Marina - Pulau Tidung via travelingyuk.com

Pulau Tidung adalah salah satu Kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini terbagi menjadi 2, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Wisata bahari yang terkenal di pulau ini adalah terumbu karang dan keeksotisan alamnya. Satu spot terkenal di Pulau Tidung adalah jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta karena menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.

2. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka terletak berdekatan dengan Pulau Tidung. Anda dapat menikmati keindahan alam, terumbu karang, pasir putih serta konservasi alam atau tempat penangkaran penyu di pulau ini.

Walaupun berada di wilayah Kabupaten, akan tetapi fasilitas-fasilitas yang ada di Pulau Pramuka juga tergolong komplit, ada masjid, lapangan olahraga, rumah makan, rumah sakit sampai dengan tempat penginapan.

3. Pulau Putri

Pantai Marina - Pulau Putri via travelingyuk.com

Pulau Putri merupakan salah satu resor terkenal di Indonesia yang memiliki akuarium bawah laut yang berisikan biota laut langka bahkan hanya ada di Indonesia saja. Untuk mencapainya, Anda hanya perlu menaiki speed boat dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dari Pantai Marina Ancol Jakarta. Seperti halnya di Pulau Pramuka, fasilitas yang ada di Pulau Putri juga cukup lengkap.

4. Pulau Ayer

Jika resor dan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu menawarkan keaslian alamnya, di Pulau Ayer ini lebih ke arah penggabungan antara sisi modern dan alami. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit dari Pantai Marina Jakarta, Anda sudah dapat mencapai pulau satu ini untuk melakukan seragam aktivitas yang menyenangkan.