Siapa dari kamu yang berencana untuk melipir ke aneka pantai Karang Bolong di Banten? Pasti selain gara-gara keindahannya, salah satu pertimbangan berkunjung ke sana juga karena biaya masuk pantai Karang Bolong yang relatif murah.

Tapi, seandainya kamu mendadak bosan dengan pesona karang bolong yang itu-itu saja, kamu bisa banget beralih ke deretan pantai untuk berselancar di Banten nih. Di mana saja sih? Catat ya lokasinya!

1. Pantai Lippo

Pantai Karang Bolong - Pantai Lippo via facebook.com/AldiSuhadi

Pantai untuk surfing di Banten pertama yang bisa dicoba adalah Pantai Lippo. Lokasinya berada di daerah Carita, Kab. Pandeglang, Banten. Dinamakan demikian karena pantainya berada di depan Kondominium Lippo Carita. Kamu bisa masuk melalui pantai lain di dekat kondominium tersebut.

Kelebihan Pantai Lippo adalah permukaannya landai dan bersih, pasir pantainya putih, serta ombaknya bagus. Kamu bisa bermain surfing dengan aman. Jika ingin dilatih pemandunya, kalian bisa menyewa papan surfing dan belajar dengan Instruktur.

Karena ombaknya cukup bagus, pantai ini beberapa kali menjadi tuan rumah kompetisi surfing. Biaya masuk Pantai Lippo hanya Rp25.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil.

2. Pantai Pasaruan

Pantai Karang Bolong - Pantai Pasaruan via facebook.com/AldiSuhadi

Tak jauh dari Pantai Lippo, terdapat Pantai Pasauran. Jaraknya hanya sekitar 15 menit perjalanan. Pasaruan juga termasuk pantai untuk surfing di Banten. Kawasan ini sering digunakan bermain surfing oleh para surfer lokal ataupun mancanegara.

Ombaknya cukup besar dan tersedia sepanjang tahun. Hanya saja, Pasauran lebih cocok untuk Kamu yang sudah jago bermain surfing. Pantai ini memnag bukan sebuah pantai karang bolong. Tapi, tetap saja pantai ini dikelilingi oleh banyak karang alami. Selain pantainya berkarang, ombaknya pun lumayan tinggi. Bisa membuat kewalahan jika kamu masih dalam tahap belajar.

3. Pantai Jambu

Pantai Karang Bolong - Pantai Jambu via facebook.com/AldiSuhadi

Pantai Jambu jadi pilihan pas buat Kamu yang masih belajar maupun sudah jago surfing. Bagi yang masih pemula sebaiknya dipandu intruktur agar lebih aman. Pasalnya, beberapa bagian pantai memang agak dalam.

Pantai untuk surfing di Banten satu ini berada di daerah Cinangka, sekitar 10 menit dari Pantai Pasauran. Kondisinya bersih dan ombaknya lumayan tinggi. Setiap weekend atau liburan, lokasi ini bakal dipadati para surfer. Alhasil, pamor pantai ini tak kalah dari pamor pantai Karang Bolong di Banten lho.