Nama Pantai Gesing kini mungkin sudah mulai banyak diketahui oleh para khalayak. Sampai-sampai, pantai yang terletak di wilayah Gunungkidul tersebut kini telah dilengkapi dengan jembatan kaca Pantai Gesing yang kece punya. Tapi, tahukah kamu kalau pantai ini dulunya sempat jadi spot pantai tersembunyi di Jogja? Mau tahu lebih lanjut soal kisahnya? Ikuti uraiannya lebih jauh di bawah.

Dulunya Terbilang Begitu Asing

Pantai Gesing - Pantai Gesing via travelingyuk.com

Sebetulnya pantai ini tidak asing-asing amat terutama bagi para nelayan sebab pantai ini digunakan sebagai pelelangan ikan sekaligus tempat berlabuh kapal-kapal mereka. Namun untuk urusan wisata, dulunya pantai ini masih belum banyak diketahui sehingga kunjungan wisatawan ke sana juga masih minim.

Pantai Gesing berada di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Panti ini berupa sebuah teluk yang diapit tebing di kanan kirinya sehingga menambah keeksotisan panorama pantai.

Terlebih pantainya yang tidak terlalu luas memiliki pasir yang begitu putih serta ombak yang tenang menjadikannya arena yang pas untuk rekreasi bersama keluarga sambil bermain air.

Yang paling menarik dari Pantai Gesing terletak pada warna air lautnya yang membentuk gradasi warna dari hijau terang menjadi semakin biru di tengah. Wisatawan yang berekreasi ke pantai ini tidak hanya disuguhi pemandangan laut yang elok namun juga bisa membeli oleh-oleh berupa ikan segar hasil tangkapan nelayan yang dijual di pelelangan ikan.

Pantai Gesing dan Pesona Wisata Kulinernya

Pantai Gesing - Pantai Gesing via travelingyuk.com

Untuk urusan perut, kamu tidak perlu khawatir meski pantai ini belum digarap maksimal untuk pariwisata namun di sekitar pantai sudah terdapat warung makan yang menjual aneka olahan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Setelah puas bersenang-senang di pantai kamu bisa mampir di salah satu warung makan tersebut dan memesan menu pilihan sesuai selera.

Yang berminat untuk menyambangi pantai ini musti menyiapkan kendaraan bermotor dalam kondisi prima. Sebab jalur yang akan kamu lalui cukup menantang dan terkesan mirip rute offroad. Belum banyak petunjuk arah menuju pantai ini ada baiknya kamu sering-sering bertanya warga sekitar Desa Girikarto.

Dari arah mana saja kamu hanya perlu mencari Kecamatan Panggang, bisa lewat GPS maupun peta. Setelah itu skill sosialmu sangat dibutuhkan untuk berinteraksi dengan warga lokal dalam menemukan pantai Gesing ini.