Pantai di Pacitan tidak ada yang tidak menawan. Kalau tidak percaya, coba saja kamu datangi sendiri pantai-pantai terbaik Pacitan seperti pantai Pacitan Klayar hingga Pantai Pacitan Buyutan. Semuanya menonjolkan ciri khas keindahan dan daya tarik memikatnya masing-masing. Lebih lengkapnya, berikut ulasan tiga pantai kebanggaan Pacitan yang patut untuk dikunjungi.

1. Pantai Klayar

Pantai di Pacitan - Pantai Klayar via travelingyuk.com

Belum sah ke Pacitan jika belum berkunjung ke Pantai Klayar. Ungkapan yang jamak kita dengar yang menyiratkan betapa terkenalnya pantai ini di kabupaten di ujung barat provinsi Jawa Timur ini. Memang benar Pantai Klayar adalah salah satu andalan wisata yang paling populer di Pacitan, sehingga rugi banget jika wisatawan tidak mengunjungi pantai berpasir putih ini.

Pantai Klayar terletak di desa Sendang, kecamatan Donorojo. Lokasinya berjarak sekitar 35 di sebelah barat kota Pacitan. Jika wisatawan melakukan start dari alun-alun kota, maka pantai ini bisa dituju dengan mengambil rute yang sama menuju ke Gua Gong. Pantai ini memiliki landmark alam yang begitu terkenal dan menjadi ciri khas yaitu berupa tebing batu Spinx dan Seruling Samudera.

2. Pantai Banyu Tibo

Pantai di Pacitan - Pantai Banyu Tibo via travelingyuk.com

Pantai di Pacitan yang ikonik lainnya bisa kamu temukan tidak jauh dari Pantai Klayar. Pantai ini bernama Pantai Banyu Tibo dan berlokasi di desa Widoro, kecamatan Donorojo. Rutenya, jika kamu pergi ke Klayar kamu akan berjumpa dengan Pasar Kalak, di pasar ini ada pertigaan, jalan kearah kanan itulah yang akan membawamu ke pantai keren berikutnya.

Pantai Banyu Tibo diberikan lantaran di tepi pantai ini terdapat air terjun yang jatuh langsung ke pesisir pantai dan airnya mengalir ke laut. Air terjun inilah yang kemudian menjadi landmark dari Pantai Banyu Tibo. Pasir pantainya sangat sempit dan berada di bawah bukit sehingga untuk bermain ke pantai wisatawan harus menuruni bukit dan tangga yang disediakan pengelola.

3. Pantai Buyutan

Pantai di Pacitan - Pantai Buyutan via travelingyuk.com

Masih berada di desa Widoro, kecamatan Donorojo, terdapat satu pantai lagi yang punya landmark ikonik yaitu Pantai Buyutan. Jalan menuju ke pantai ini bisa kamu temukan sekitar 1 km sebelum pantai Banyu Tibo. Aksesnya lumayan mudah, nyatanya mobil bisa sampai di pinggir pantai. Namun kondisi jalannya di beberapa bagian masih banyak yang rusak sehingga skill sopir sangat penting disini.

Pantai Buyutan adalah satu-satunya pantai di Pacitan dengan pasir putih terpanjang di kabupaten ini. Pantai ini berada tepat di bawah tebing yang menjulang sehingga jika dibandingkan pantai Buyutan ini seperti Pantai Pandawa milik Pulau Dewata. Satu tengara yang membuat pantai ini begitu khas adalah keberadaan batu karang di tengah laut yang menyerupai topi atau mahkota.