Jogja selalu mengejutkan kita dengan berbagai pesona keindahannya. Seperti salah satunya sebuah pantai di Jogja yang bernama Glagah. Pantai Glagah memiliki kecantikan yang khas sehingga membuatnya jadi daya tarik bagi wisatawan. Serunya lagi, tiket masuk pantai di Jogja ini benar-benar tidak menguras kantong.

Mari kita coba telusuri keindahan Pantai Glagah yang ada di Jogja ini.

Memiliki Tetrapod yang Sangat Keren

Pantai di Jogja - Pantai Glagah via travelingyuk.com

Saat ke pantai ini kamu akan disambut dermaga yang memiliki pemandangan unik. Dermaga Glagah memiliki tetrapod yang merupakan beton pemecah ombak. Tatanannya yang rapi serta artistik menambah kerennya Pantai Glagah ini. Ketika ada ombak besar datang maka akan terpecah oleh tetrapod.

Pantai Glagah juga dikenal menyuguhkan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sempurna keindahannya. Kamu bisa menyaksikan matahari tenggelam ke dalam cakrawala dengan nuansa langit jingga. Jangan lupa mengabadikannya dalam foto, ya.

Pantai Bersejarah yang Memiliki Laguna

Satu lagi keunikan pantai di Jogja ini, yaitu terdapat stupa unik bersejarah yang merupakan saksi berdirinya Desa Glagah. Menjadi cagar budaya, stupa batu tersebut adalah peninggalan dari masa pemerintahan Bupati Cangakmengeng. Menurut cerita, asal stupa tersebut adalah pada masa abad ke-6 Masehi.

Di samping stupa bernilai sejarah, Pantai Glagah juga memiliki laguna yang sangat indah. Laguna yang berbentuk danau mini tersebut berasal dari daratan cekung dengan posisi menjorok ke dalam. Di sini kamu bisa mencoba macam-macam hiburan, seperti perahu kayu, kano, hingga becak air. Tarifnya Rp10.000,00.

Akses Mudah Menuju ke Pantai

Pantai di Jogja - Pantai Glagah via travelingyuk.com

Lokasi Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon di Kulon Progo. Dari pusat kota Jogja, jaraknya sekitar 15 km. Untuk menuju ke sini, kamu bisa melewati rute Bantul dengan masuk ringroad lalu ke arah Purworejo. Kemudian, melalui Jalan Srandakan lalu melintasi Jembatan Srandakan hingga lampu merah.

Jika sudah, kamu tinggal belok kiri dan sampailah di tujuan. Kalau tidak melewati Bantul, kamu dapat melalui jalur Jalan Wates. Lalu, mengikuti jalur Jalan Raya Wates ke arah Purworejo. Kamu bisa mengunjungi pantai ini di sore hari, jadi bisa menikmati sunset. Begitulah keindahan Glagah pantai di Jogja ini. Mampir, ya.