Destinasi wisata di Banten menawarkan banyak pilihan alam yang menarik. Pantai Carita menjadi salah satu tempat wisata Banten yang terkenal. Terutama, Pantai Carita sebelum tsunami melanda beberapa waktu lalu. Menunggu pemulihan kondisi pantai, kamu dapat mengunjungi destinasi menarik lainnya seperti Lebak Banten, yang terkenal sebagai kampungnya suku Baduy. Yuk, kita jelajahi lebih jauh.

Wisata Joglo

Pantai Carita - Wisata Joglo via Instagram @remonfr

Tempat wisata ini berada di atas perbukitan. Lokasinya yang tepat adalah di Desa Harjawana, Kecamatan Bojongmanik. Di sini kamu bisa naik ke atas bukit untuk melihat keindahan Bojongmanik. Ada pula berbagai spot foto yang terbuat dari kayu.

Biaya masuk ke Pondok Joglo juga sangat murah, hingga artikel ini ditulis, hanya sebesar Rp2.000,00-an saja per orang. Kamu pun akan melalui akses jalan yang beraspal sehingga nyaman dilalui kendaraan bermotor. Kamu dapat melihat perkebunan karet dan mahoni di sepanjang perjalanan.

Kebun Teh Cikujang

Pantai Carita - Kebun Teh Cikujang via Instagram @llanvtaa

Berbeda dengan Pantai Carita yang menyajikan pemandangan laut, Kebun Teh Cikujang cocok untuk wisata weekend ke dataran tinggi. Lokasi tempatnya berada di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber. Dari Rangkasbitung yang merupakan pusat Kabupaten Lebak, kamu bisa menuju ke sini dengan menempuh perjalanan selama sekitar 3,5 jam.

Kamu akan tetap merasa nyaman di perjalanan karena aksesnya sudah dibeton. Jadi, tidak masalah meski jaraknya jauh. Kebun teh ini terletak di ketinggian 750-1.200 mdpl, kamu bisa menyaksikan panorama pepohonan teh yang hijau dan asri. Ada juga fasilitas seperti kafe, rumah makan, area parkir, serta kamar mandi.

Kampung Wisata Cilebu

Pantai Carita - Kampung Wisata Cilebu via Instagram @lembah_is

Negeri atas awan bukan cuma dongeng belaka. Wisata Lebak Banten yang terletak di ketinggian 1.300 mdpl ini buktinya. Lokasi tepatnya berada di kaki Gunung Endut, di Desa Pasir Haur, Kecamatan Cipanas. Dari sini kamu bisa melihat hamparan sawah dan pegunungan yang alami.

Tersedia pondok kayu untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari atas. Di kampung wisata Cilebu juga terdapat sejumlah curug untuk kamu jelajahi. Nah, curug tersebut bisa jadi wisata air alternatif dari Pantai Carita. Tempatnya seru banget, kan? Yuk, jalan-jalan ke Lebak Banten.