Pantai Baron Jogja 2018 masuk pada daftar destinasi wisata pantai terbaik di wilayah Jogja. Semua ini berkat Pantai Baron menyajikan tak hanya panorama pantai yang elok, melainkan juga sebuah fasilitas bertajuk flyingboard yang oke punya.

Tapi selain pantai tersebut, ternyata masih ada lagi beberapa pantai di Indonesia dengan sarana atau fasilitas yang bikin betah. Lebih tepatnya, memiliki fasilitas yang unik sehingga membuat pantai tersebut mudah diingat. Memangnya, di mana saja sih?

1. Pantai Nglambor

Pantai Baron - Pantai Nglambor via Instagram iqbalptraa

Pantai Nglambor berada di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Posisinya bersebelahan dengan Pantai Siung di sebelah barat dan Pantai Jogan di sebelah timur. Destinasi ini begitu unik karena terdapat dua batu karang besar menyerupai kura-kura di depan teluknya.

Keberadaan dua karang tersebut membuat ombak pantai anti mainstream Jogja ini berbeda dengan tipikal pantai selatan umumnya. Airnya sangat jernih, cocok bagi pengunjung yang ingin snorkeling karena karang, rumput laut, dan biota laut lainnya terlihat jelas dari permukaan. Jika tak membawa peralatan sendiri, cukup keluarkan dana Rp10 ribu dan Kamu sudah mendapat fasilitas lengkap plus foto underwater.

2. Pantai Timang

Pantai Baron - Pantai Timang via Instagram jogjascenery

Kepopuleran Pantai Timang tidak perlu diragukan lagi. Berjarak sekitar 35 kilometer dari Wonosari, pantai ini bahkan sudah tersohor hingga mancanegara. Popularitas tersebut datang berkat kehadiran wahana gondola yang menantang.

Sebelum dimanfaatkan untuk wisata, gondola Pantai Timang awalnya digunakan penduduk setempat untuk mengambil hasil laut dari seberang. Pertama kali beroperasi di 1997 dan gondola akhirnya dimanfaatkan untuk wahana wisata sejak tahun 2012.

Turis pun berdatangan dari banyak tempat mereka penasaran akan sensasi meluncur 11 meter di atas permukaan laut. Tertarik mencoba? Cukup rogoh kocek sebesar Rp150.000.

3. Pantai Baron

Pantai Baron - Pantai Baron via Instagram g_hanafiah

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Baru-baru ini ada wahana baru bernama flyingboard di sana. Konon wahana semacam itu baru pertama ada di Jogja, bahkan Pulau Jawa.

Beroperasi di Pantai Baron sejak 2017, flyingboard pada dasarnya memanfaatkan kekuatan dorongan air yang dipompa jetski di atas permukaan air. Sangat cocok bagi mereka yang suka tantangan. Perlu latihan khusus untuk melakukan beberapa trik, namun yang awam pun tetap bisa mencoba. Cukup ikuti arahan instruktur selama kurang lebih lima menit, berikutnya Kamu sudah bisa merasakan sensasi terbang di udara antara 10 – 15 menit. Cukup siapkan dana antara Rp 250.000 s/d Rp 300.000, tertarik?