Ketika kamu bersambang ke sebuah panggon wisata alam, terkadang kamu menjumpai bahwa tempat tersebut memiliki kisah sejarah unik di masa lampau. Hal ini pun berlaku pada wana wisata alam kondang di Padang yang bernama Pantai Air Manis.

Di sanalah terdapat sebuah batu yang dinamai Batu Malin Kundang, yang mana diyakini sebagai hasil kutukan asli seorang ibu terhadap anaknya yang berubah durhaka. Hm, apakah kepercayaan tersebut benar adanya atau justru hanyalah mitos belaka?

Spot Wisata Ciamik di Sumatera Barat

Pantai Air Manis - Pantai Air Manis via travelingyuk.com

Kamu dari mana saja jika liburan ke Padang wajib hukumnya mampir ke Pantai Air Manis. Pantai ini terletak di kelurahan Air Manis, kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. Kenapa wajib? Sebab pantai ini tengah populer lantaran kisah dongeng Malin Kundang yang begitu melegenda dimana pada akhir ceritanya anak durhaka ini dikutuk ibunya menjadi batu.

Populernya nama Pantai Air Manis ini memang tidak lepas dari keberadaan batu berbentuk seperti manusia yang sedang bersujud yang kemudian dikenal dengan nama Batu Malin Kundang. Pantai ini sendiri sebenarnya memiliki panorama yang indah dengan pasirnya yang putih serta memiliki air laut yang jernih. Di tengah laut terdapat sebuah pulau kecil yang asri bernama Pulau Pisang.

Aktivitas yang Bisa Dijajal di Pantai Air Manis

Pantai Air Manis - Pantai Air Manis via travelingyuk.com

Saat surut kamu bisa tuh jalan kaki hingga ke pulau kecil seluas satu hektar itu. Rata-rata kamu yang datang ke Pulau Pisang untuk istirahat dan menyantap bekal yang mereka bawa. Pantai ini juga punya ombak besar yang cukup stabil yang dimanfaatkan banyak peselancar untuk bermain surfing. Cara lain menikmati pantai ini adalah dengan olahraga ekstrim berupa paralayang.

Kalau sudah di Pantai Air Manis sekalian saja cari spot Batu Malin Kundang yang kisahnya sangat melegenda di nusantara. Batu ini menyatu dengan batu-batu lainnya jadi pastikan kamu cukup teliti untuk menemukan batu yang bentuknya seperti manusia yang sedang telungkup. Di sekitar Batu Malin Kundang juga ada bebatuan besar yang tersebar. Konon batu-batu tersebut adalah kapal besar milik si anak durhaka.