Biasanya, oleh oleh Semarang yang paling menjadi favorit bagi para wisatawan adalah bandeng presto, lumpia, hingga wingko babad. Oleh oleh di atas bukan hanya memiliki titel sebagai oleh oleh khas Semarang 2018 & 2019 terpopuler, melainkan juga menjadi jenis oleh oleh khas Semarang yang legendaris. Ketika berburu ketiga oleh oleh tadi, pastikan kamu membelinya di toko oleh oleh yang terkenal akan kelezatannya ya. Seperti di tiga toko oleh oleh berikut ini nih.

1. Bandeng Presto Juwana

Oleh Oleh Semarang - Bandeng Presto Juwana via instagram.com/bandengjuwana

Toko Bandeng Presto Juwana juga menyediakan oleh-oleh khas Semarang, mulai dari wingko, mochi, lumpia, dan tentunya macam-macam olahan bandeng. Tempat yang telah berdiri semenjak tahun 1981 ini memang spesialisasinya penganan dari bandeng, seperti diasap, duri lunak, rasa teriyaki, otak-otak, dan lainnya.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp150 ribuan. Kamu langsung saja melipir ke gerai yang berada di Jalan Pandanaran nomor 57, sekitar 500 meter dari objek wisata Lawang Sewu. Buka mulai jam 7 pagi sampai pukul 11 malam.

2. Lumpia Mbak Lien

Oleh Oleh Semarang - Lumpia Mbak Lien via instagram.com/maria.amadea

Baru terasa lengkap kalau dari Semarang membawa oleh-oleh lumpia, salah satu toko yang menjajakan penganan ini adalah Lumpia Mbak Lien. Berpusat di Jalan Pemuda Gang Grajen, sekitar 7 menit berkendara dari Lawang Sewu.

Kamu bebas memilih isian ada ayam kampung, udang, lumpia spesial yaitu perpaduan ayam dan udang. Dihargai kira-kira Rp11 ribuan per biji. Rebung sebagai isian lumpia Mbak Lien ini tidak berbau, karena proses pencucian sangat bersih. Yummy banget kan oleh oleh Semarang yang satu ini?

3. Wingko Babad Cap Kereta Api

Oleh Oleh Semarang - Wingko Babad Cap Kereta Api via instagram.com/@wingkobabadkeretaapi

Kamu yang ingin berburu oleh-oleh khas Semarang bisa coba ke toko Wingko Babad Cap Kereta Api, buka dari pukul 7 pagi sampai 6 sore. Tepatnya berada di Jalan Cendrawasih nomor 14, Bubakan, berjarak sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Kamu bisa memilih oleh oleh Semarang berupa beragam wingko yang asalnya dari Babat, Lamongan, Jawa Timur. Penganan yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa muda parut ini tersedia dalam aneka rasa. Nangka, pandan, durian, dan lainnya, dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 ribuan per biji.