Kuliner bandeng presto sebagai oleh oleh Semarang memang menjadi pilihan yang paling yahud untuk dibawa pulang. Namun, kamu juga harus tahu juga jika penjual produk oleh oleh Semarang 2018 ini ada banyak sekali di Kota Lumpia.

Sampai-sampai, kamu bakal kebingungan hendak memutuskan untuk membeli bandeng presto di toko yang mana. Nah, sebagai solusinya, di bawah ini sudah dirangkum tiga toko atau merek bandeng presto khas Semarang tersedap yang bisa dipilih. Simak bersama-sama yuk!

1. Bandeng Bonafide

Oleh Oleh Semarang - Bandeng Bonafide via travelingyuk.com

Bandeng presto yang pertama ini bisa kamu dapatkan di Jalan Pandanaran No.53 Randusari, Semarang Selatan. Ada beberapa olahan bandeng di sini, mulai dari bandeng duri lunak seharga Rp85.000-an per kilonya, kemudian Bandeng Duri Lunak Vacum yang dibanderol dengan harga Rp106.000-an per kilonya, lalu ada juga Bandeng Duri Lunak Pepes seharga Rp 85.000-an per kilonya, dan satu lagi yaitu Bandeng Crispy seharga Rp57.000-an per kilonya.

2. Bandeng Juwana-Elrina

Oleh Oleh Semarang - Bandeng Juwana-Elrina via travelingyuk.com

Berada di Jalan Pandanaran, Semarang kamu bisa menemui toko Pusat Oleh-oleh Semarang, di mana bandeng juga ada di sana, yaitu Bandeng Juwana Elrina. Toko tersebut dikenal terbesar dan terkenal di Semarang. Kalau tidak percaya, kamu bisa langsung datang ke sini dan lihatlah ada banyak tanda tangan serta foto artis yang pernah mampir.

Kepopuleran toko ini tidak lain karena olahan bandengnya yang lezat. Olahannya pun bervariasi mulai dari abon bandeng, pepes bandeng, bandeng asap, dan bandeng vacum. Dari kesemuanya abon bandeng dan bandeng vacum yang tahan hingga 3 bulan yang cocok untuk kamu beli sebagai oleh-oleh.

Kamu juga bisa mencicipi aneka olahan bandeng yang masih fresh from the pan alias warungnya loh. Datang saja ke lantai dua dari toko ini, maka ada banyak pilihan menu makanan berbahan bandeng yang bisa kamu cicipi.

3. Bandeng Djoe

Oleh Oleh Semarang - Bandeng Djoe via travelingyuk.com

Meski memiliki banyak duri di dalamnya, tapi banyak yang suka dengan bandeng. Dan jalan Pandanaran nampaknya menjadi salah satu gudang yang tepat untuk mendapatkan bandeng ini. Yap, tak hanya Bandeng Juwana-Elrina dan Bandeng Bonafide yang bisa kamu temui di kawasan ini, ada juga Toko Djoe yang dulunya berada di kompleks pertokoan Simpang Lima kini membuka cabangnya di sini.

Seperti toko oleh oleh Semarang lainnya, bukan hanya bandeng yang bisa kamu beli di toko tersebut. Ada juga kuliner khas Semarang seperti enting gepuk, jenang Mubarok, wajik, getuk, dan banyak lainnya. Toko oleh-oleh Djoe ini sudah dikenal masyarakat Semarang sejak tahun 80-an loh. Jadi tak perlu khawatir dengan kualitas dan rasa makanannya ya!