Tatkala kamu pelesir ke sebuah kota, kamu bakal merugi jika tak mencicipi makanan khas atau panganan tradisional dari kota tersebut. Bakal lebih seru lagi kalau panganan tradisonal tersebut dapat dibawa pulang sebagai oleh oleh.

Seperti halnya di Kota Pahlawan, terdapat banyak varian oleh oleh khas Surabaya ala tradisional yang bisa dengan mudah kamu jumpai. Kendati bukan oleh oleh Surabaya kekinian, tapi kamu tidak boleh meremehkan kelezatannya yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Hm, jadi semakin penasaran ya? Biar lebih paham, inilah ulasan selengkapnya.

1. Kue Perut Ayam

Oleh Oleh Khas Surabaya - Kue Perut Ayam via instagram.com/kitch.en

Kue perut ayam adalah jajanan tradisional yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Jajanan ini menjadi oleh-oleh khas bagi beberapa daerah di Jawa termasuk Surabaya. Kue perut ayam dibuat dari bahan tepung terigu dan telur, diolah dengan cara digoreng.

Sepintas bentuknya seperti gulungan usus ayam, dari situlah kemudian kue ini dinamakan perut ayam. Rasa kue ini manis gurih yang khas sehingga membuat semua penikmatnya akan selalu rindu mencicipinya. Di Surabaya jajanan ini bisa ditemukan di toko kue, pedagang kaki lima dan sentra oleh-oleh. Kalau di Malang, kue perut ayam dikenal dengan nama kue usus ayam.

2. Kue Getas

Oleh Oleh Khas Surabaya - Kue Getas via instagram.com/niladriana

Oleh oleh khas Surabaya tradisional yang tak kalah tenar adalah kue getas. Kue ini tersedia banyak di pasaran sehingga untuk orang-orang yang mau menjadikannya oleh-oleh tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Kue getas punya cita rasa yang manis dengan tekstur renyah.

Kue getas terbuat dari adonan tepung ketan putih yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Kemudian adonan tersebut digoreng hingga matang. Untuk penyajiannya, kue getas ini umumnya akan ditaburi dengan gula pasir lembut seperti halnya donat.

3. Lapis Surabaya atau Spikoe

Oleh Oleh Khas Surabaya - Lapis Surabaya atau Spikoe via instagram.com/samuderabayu

Oleh oleh khas Surabaya yang masih mempertahankan cita rasa dan bahan-bahannya adalah lapis Surabaya atau lebih dikenal dengan nama modern spikoe. Spikoe resep kuno ini benar-benar mempertahankan resep dan rasa yang telah turun-temurun. Kue ini terdiri dari tiga lapis kue yang berwarna kuning, cokelat dan kuning. Tekstur kuenya sangat lembut yang berasal dari kuning telur yang banyak dalam adonan.