Bingung hendak membeli oleh oleh khas Medan yang mana? Permasalahan ini lumrah sekali karena Medan menawarkan barisan oleh oleh dengan kelezatan yang khas.

Sehingga, sebagai referensi oleh oleh khas Medan 2018 yang sempat populer tahun lalu, baiknya kamu membeli panganan-panganan di bawah ini. Dijamin, semuanya tak akan mengecewakan dari segi rasa dan tampilannya deh!

1. Bika Ambon Yen-Yen

Oleh Oleh Khas Medan - Bika Ambon Yen Yen via instagram.com/bikaambonyenyen

Mau tahu oleh-oleh yang wajib dibawa saat pulang dari Medan? Yap, apalagi kalau bukan Bika Ambon yang memiliki tekstur lembut dan bikin penikmatnya ketagihan. Penjual camilan ini cukup banyak, dan Toko Yen-yen salah satunya. Letaknya di Jalan Mojopahit No.26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Tak jauh dari situ, ada juga Bika Ambon Zulaikha yang beralamat di Jalan Mojopahit No.96.

2. Bolu Meranti

Oleh Oleh Khas Medan - Bolu Meranti via instagram.com/@jepret2nuy

Selain bika ambon, Bolu Meranti juga bisa menjadi oleh oleh khas Medan yang pas untuk dibawa pulang. Camilan ini berupa bolu gulung khas Medan yang menjadi buruan wajib wisatawan.

Rasa dari kue ini bermacam-macam, ada yang keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, hingga abon ayam. Nah, untuk dapat mencicipi makanan ini, kamu bisa langsung mampir ke Jalan Kruing No. 2 K atau di Jalan Sisingamangaraja No. 19B.

3. Durian Ucok Medan

Liburan ke Medan, tak lengkap jika belum mencoba durian di Kedai Ucok atau Pak Zainal Abidin. Kedainya terletak di Jalan KH Wahid Hasyim No 30-32 dan sudah terkenal di kalangan artis ibu kota hingga pejabat negara.

Saking terkenalnya, Presiden Joko Widodo juga pernah mampir ke sini. Warung yang memiliki tagline ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian’ ini tak hanya menawarkan durian kupas, tapi juga pancake, durian beku, serta es krim durian. Rasanya nikmat dengan kualitas buah yang terbaik.

4. Martabak Piring Murni

Sudah bosan dengan martabak biasa? Kamu wajib coba martabak piring yang cukup legendaris di Medan. Letaknya di Jalan Surabaya No. 39. Sesuai dengan namanya, camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang.

Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Tapi ingat ya, oleh oleh khas Medan ini baiknya dibawa ke tempat dengan jarak yang tak terlalu jauh agar tidak keburu basi.