Oleh oleh khas Malang mana saja sih yang legendaris dan wajib banget untuk kamu bawa pulang? Jangan sampai kamu membawa pulang jenis oleh-oleh yang sama sekali tak mencerminkan jati diri Bumi Arema ya!

Sebab sejatinya, kamu bisa membeli oleh-oleh khas sekaligus oleh oleh khas Malang terdekat di tempat-tempat berikut. Kalau belum membeli oleh-oleh di sini, kemungkinan besar bakal sedikit yang percaya bahwa kamu pernah berkunjung ke Malang!

1. Keripik Tempe Sanan

Oleh Oleh Khas Malang - Kripik Tempe Sanan via travelingyuk.com

Oleh oleh khas Malang pertama yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas adalah keripik tempe. Hampir sama dengan jajanan khas Trenggalek yang sama-sama keripik dari tempe hanya saja yang di Malang ini memiliki nama spesifik yaitu keripik tempe sanan.

Dinamakan sanan karena sentra produksinya berada di kawasan Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Proses pembuatannya pun tidak ada yang berbeda dari keripik tempe lainnya, yaitu dengan mengiris tipis tempe kemudian digoreng dengan adonan tepung bumbu hingga kering dan terasa renyah.

2. Pia Mangkok

Oleh Oleh Khas Malang - Pia Mangkok via travelingyuk.com

Lagi jajanan khas Malang yang mirip dengan jajanan daerah lain yaitu pia mangkok. Jajanan ini lebih tepatnya mirip dengan bakpia patok, kue basah berisi kacang hijau khas Yogyakarta. Kemiripan tersebut bisa dilihat dari bentuk, tekstur hingga cita rasanya.

Oleh oleh khas Malang ini dijual dalam berbagai varian rasa mulai dari rasa kacang hijau, durian, keju, cokelat dan kopi. Kue ini bisa dibeli di toko oleh-oleh yang ada di Malang atau toko yang terletak di alamat Jalan Semeru No. 25 Malang. Coba saja beli untuk oleh-oleh dan analisa sendiri dimana letak perbedaannya dengan bakpia patok.

3. Kripik Buah

Oleh Oleh Khas Malang - Kripik Buah via travelingyuk.com

Malang dikenal memiliki daerah pertanian yang sangat subur sehingga hampir semua jenis tanaman dan buah-buahan bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Selain dijual dalam bentuk buah segar, banyak pelaku usaha yang melakukan inovasi dengan membuat varian makanan dari olahan berbagai buah-buahan.

Malang sendiri sangat terkenal akan keripik buah yang lezat. Ada keripik apel, nangka, mangga, rambutan hingga durian. Keripik buah ini tersedia dalam beragam merek dagang. Untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit karena hampir setiap toko oleh-oleh khas Malang menjual keripik buah.