Oleh oleh khas Cirebon yang legendaris wajib masuk ke daftar oleh oleh Cirebonmu selain oleh oleh Cirebon kekinian. Bukannya apa-apa, kamu pasti tak mau kan meninggalkan Cirebon tanpa membawa pulang oleh oleh yang tak mencerminkan jati diri wilayah Cirebon?

Agar lebih srek dan tidak menyesal di kemudian hari, ketika mampir ke Cirebon, jangan lupa membeli deretan oleh oleh legendaris berikut ini. Mulai dari makanan hingga minuman, inilah oleh oleh legendaris Cirebon yang bisa jadi referensi.

1. Terasi Udang Cirebon

Oleh Oleh Khas Cirebon - Terasi Udang via instagram.com/rumah.amisanti

Salah satu oleh-oleh yang banyak diburu saat jalan-jalan ke Cirebon adalah terasi udang. Konon, terasi udang Cirebon ini sudah ada sejak zaman kerajaan Singapura yang merupakan salah satu kerajaan yang berdiri di Cirebon. Buat kamu yang gemar memasak menggunakan terasi, oleh-oleh-oleh satu ini cocok dibawa pulang.

2. Rengginang Mini Khas Cirebon

Oleh Oleh Khas Cirebon - Rengginang Mini via instagram.com/khadeeja.cirebon

Selain terasi, oleh oleh khas Cirebon lain yang bisa banget untuk dibawa pulang adalah rengginang. Berbeda dengan rengginang di daerah lainnya, buah tangan dari Kota Udang ini memiliki beragam rasa gurih yang berasal dari ikan laut. Misalnya saja ada rasa udang, terasi, dan bahkan sampai bahan-bahan seperti keju. Bentuknya juga menyerupai bola-bola kecil yang memudahkan saat dimakan.

3. Sirup Tjampolay

Jenis oleh-oleh lainnya yang bisa dibawa pulang adalah Sirup Tjampolay yang sudah mulai diproduksi mulai tahun 1936 yang lalu. Sudah hampir tiga generasi, sirup ini bisa banget untuk jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Untuk varian rasanya banyak sekali, sekitar 15 macam. Ada jeruk, merlon, mangga, dan lain-lain.

4. Emping Bumbu

Emping merupakan keripik yang berasal dari melinjo. Di daerah lainnya memang ada emping, namun ini sedikit berbeda dari yang lainnya. Emping di Cirebon memiliki rasa-rasa yang unik, ada pedas manis sampai dengan rasa udang. Ada yang dijual dalam bentuk yang sudah matang, ada pula yang masih mentah.

5. Sirup Asam Kawak

Oleh Oleh Khas Cirebon - Sirup Asam Kawak via instagram.com/pitulikur_jamu

Tak hanya sirup tjampolay yang bisa dibilang melegenda, kamu bisa membawa pulang sirup asem kawak ini sebagai oleh oleh khas Cirebon. Ia sirup yang terbuat dari buah asam yang berusia tua yang kemudian dipadukan dengan gula batu yang dimasak hingga mengental. Karena bahan yang dibuat asli dari buah asam, rasanya jadi asam-asam manis yang menyegarkan.