Memilih produk kopi bubuk Bandung sebagai oleh oleh Bandung untuk yang tercinta adalah sebuah ide yang brilian. Utamanya jika orang yang kamu beri oleh oleh tersebut memang seorang pecinta kopi sejati.

Sehingga, kalau kamu setuju dengan ide tersebut, maka kamu bisa membeli deretan produk kopi bubuk paling kondang di Kota Kembang berikut, yang mana juga menjadi salah satu tren oleh oleh Bandung 2018.

1. Kopi Javaco

Oleh Oleh Bandung - Kopi Javaco via instagram.com/bandungdiary

Javaco merupakan brand kopi tertua di Bandung yang telah dirintis sejak tahun 1928. Pendirinya adalah Liem Kiem Gwan, seorang perantauan asal Malang. Hinga kini, penggilingan kopi asal Kota Kembang ini menempati bangunan vintage dengan dua lantai. Meskipun terkesan tua, masih terjaga dengan sangat baik.

Kopi Javaco berada di Jl. Kebon Jati No. 69, Kebon Jeruk, Andir, Bandung. Di dalamnya kamu akan melihat banyak hal berbau klasik namun kece. Ada motor vespa biru muda, serta beberapa lukisan dan hiasan jadul. Untuk kopinya, tak perlu dipertanyakan citarasanya.

Kopi didatangkan dari Jawa Timur dan masih menggunakan metode pengolahan lama. Kualitasnya terjaga dengan pemilihan kemasan kertas warna cokelat. Varian kopi yang ditawarkan adalah arabika, robusta, dan juga tiptop.

2. Kopi Aroma

Oleh Oleh Bandung - Kopi Aroma via instagram.com/dh.eatntravel

Oleh oleh Bandung berupa kopi bubuk selanjutnya adalah Kopi Aroma. Ia didirikan oleh Tan Houw Sian pada tahun 1930. Saat ini, alamat tokonya berada di Jl. Banceuy 51, Bandung dan dikelola oleh generasi penerusnya. Merek kopi lawas ini masih mempertahankan proses pembuatan klasik yang memakan waktu berjam-jam. Hal ini dilakukan supaya kualitas kopi tetap terjaga.

Proses pengolahan kopi dimulai dari biji merah pilihan. Semuanya lantas dijemur di bawah sinar matahari. Sebelum dipanggang dan ditumbuk, kopi robusta dan arabika disimpan terlebih dahulu antara lima hingga delapan tahun supaya kualitasnya makin istimewa.

3. Kopi Tjia Lie Hong

Oleh Oleh Bandung - Kopi Tjia Lie Hong via instagram.com/gemarngopi

Tempat selanjutnya yang juga sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu adalah Kopi Tjia Lie Hong. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Sudirman 165, Bandung. Mereka menawarkan tiga varian kopi berbeda yaitu arabika, rbusta, dan campur.

Pengunjung bisa membeli oleh oleh Bandung berupa biji kopi ataupun gilingan di sini. Kemasannya masih memanfaatkan kertas berwarna cokelat dan terkesan jadul. Namun demikian, hal ini ternyata juga dilakukan untuk menjaga citarasa kopi. Jika jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa menyambangi toko mereka Kamu.