Probolinggo adalah salah satu wilayah di Jawa Timur dengan daya tarik wisata alam dan wisata kuliner yang tinggi. Bahkan, dewasa ini, salah satu wana wisata alamnya yang bertajuk air terjun Madakaripura tengah dipadati oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Kabarnya, air terjun ini punya pesona yang bikin wisatawan mana pun jadi penasaran. Wah, jadi segera ingin tahu kan cara ke air terjun Madakaripura agar bisa dikunjungi di masa liburan mendatang?

Mitos Panggon Pertapa Suci

Air Terjun Madakaripura - Air Terjun Madakaripura via travelingyuk.com

Air terjun Madakaripura ini cukup besar dan selalu deras. Ada tebing tinggi yang hijau yang mengelilingi air terjun ini. Panorama ini membuat pemandangan Madakaripura semakin sempurna.

Di balik keindahan ini, Madakaripura menyimpan mitos. Menurut cerita, air terjun ini merupakan tempat bertapa Patih Gajah Mada. Ada pula kisah yang menyebutkan bahwa sang patih mendapatkannya dari Raja Majapahit karena berhasil menyatukan bumi pertiwi.

Siap-Siap Menyusuri Hutan Lebat

Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Tengger. Jangan heran jika cuaca di sepanjang perjalanan sejuk dan sangat menyenangkan. Dari tempat parkir, kamu harus berjalan kurang lebih 60 menitan untuk sampai di titik air terjun. Akan ada guide yang siap membimbingmu.

Namun, jika ingin berjalan sendiri pun sudah disedikan jalan setapak di pinggiran hingga sampai di tujuan. Meski termasuk trekking yang panjang, namun kamu akan dibuat kagum karena berjalan di tengah hutan. Hindari berkunjung ke sini saat musim hujan, ya.

Cara Menuju Spot Wisata Air Terjun

Air Terjun Madakaripura - Air Terjun Madakaripura via travelingyuk.com

Madakaripura dapat ditempuh dari kota Malang maupun Probolinggo. Lokasi air terjun ini berada di Desa Branggah, Sapih, Lumbang, Probolinggo. Jalanan menuju wisata yang satu ini berkelok-kelok. Namun tak perlu khawatir, kamu akan dihibur dengan indahnya pepohonan sekitar yang hijau dan asri. Rasanya ingin berhenti di setiap kelokan untuk mengabadikannya lewat foto.

Jalanannya aja sudah sangat menyejukkan, tunggu ketika kamu sampai di lokasi. Mulailah perjalananmu dari pagi hari dan usahakan pulang sebelum gelap, ya. Baru-baru ini bahkan ada spot baru untukmu berselfie yang menunjukkan pemandangan kota mangga tersebut dari ketinggian. Jadi semakin tak sabar kan ingin bertandang ke air terjun Madakaripura?