Bicara soal aneka makanan khas Bali, wawasanmu pasti sudah cukup banyak ya. Sebut saja seperti menu Ayam Betutu, Sate Lilit, Nasi Campur Bali, hingga Nasi Jinggo. Tapi, sudahkah kamu familiar dengan aneka minuman khas Pulau Dewata? Nah, informasi kuliner semacam ini nih yang hendak dibeberkan di bawah.

Kamu mesti tahu kalau ada banyak minuman khas Bali yang wajib untuk kamu cicipi. Semuanya bakal melepas dahaga dan memiliki bahan dasar yang unik-unik. Jadi penasaran, kan? Maka sebab itu, simak yuk informasi varian minuman asli Bali yang akan menyegarkan harimu.

1. Es Kluwut

Makanan Khas Bali - Es Kluwut via instagram.com/na.corinna

Es Kluwut merupakan es dengan isian buah melon yang diserut panjang-panjang. Jika dilihat sekilas, penampakannya agak mirip dengan es blewah. Bukan hanya sekedar berupa es melon, pelengkap es ini ialah diberi tambahan sirup melon, daging kelapa muda, biji selasih, dan perasan air jeruk nipis. Wah, terbayang kan seperti apa kesegaran dari Es Kluwut yang berasal dari wilayah Kuta ini?

2. Es Bir

Makanan Khas Bali - Es Bir via instagram.com/paonjahesereh

Kendati namanya adalah Es Bir, sajian es yang satu ini tidak memiliki kandungan alkohol kok. Justru, Es Bir ala Pulau Dewata ini memiliki isian es kelapa muda dengan tambahan perasan air jeruk nipis.

Bukannya mabuk, Es Bir ala Bali instan membuatmu merasa segar dan lebih bersemangat untuk beraktivitas. Paling mudah minuman Es Bir ini ditemukan di wilayah Buleleng, Bali. Alhasil, kamu jangan sampai salah sangka ya dengan minuman khas Bali dengan nama nyentrik ini.

3. Es Daluman

Makanan Khas Bali - Es Daluman via instagram.com/rujak_bali_batan_poh

Ketika bertandang ke resto makanan khas Bali yang tradisional, minuman ini pasti gampang banget untuk kamu jumpai. Es Daluman sendiri memiliki kesamaan yang cukup identik dengan minuman Es Cincau.

Keduanya sama-sama menampilkan isian cincau hijau yang kaya serat nan baik untuk pencernaan, nih. Es Daluman pun disertai dengan kuah santan dan gula merah cair yang legit abis. Tinggal ditambah es batu, minuman ini bakal menyulap cuaca panas Bali menjadi lebih sejuk, deh!

Selesai bersantap makanan khas Bali, pokoknya kamu harus memesan salah satu dari ketiga minuman tradisional di atas. Dengan begini, pengalaman wisata kulinermu di Pulau Dewata pun menjadi lebih komplit!