Mie Kocok adalah kuliner Bandung yang tak sekedar jadi favorit di Kota Kembang, namun juga jadi idola di kota-kota lain di Indonesia. Kedai Mie Kocok pun keberadaannya tidak sulit dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta hingga Surabaya.

Namun, bila kamu memang pecinta mie kocok sejati, maka wajib hukumnya bagimu untuk menjajal mie kocok paling otentik di kota asalnya yakni di Kota Bandung. Adapun rekomendasi kedai atau warung Mie Kocok paling yummy di Kota Bandung adalah sebagai berikut.

1. Mie Kocok Saad

Kuliner Bandung - Mie Kocok Saad via instagram.com/vani.santoso

Mie Kocok Saad sudah berjualan sejak tahun 1973. Awal mulanya Ia dijajakan secara keliling di sekitar Jalan Asia Afrika. Hingga akhirnya, kini Mie Kocok Saad sudah menetap di Jalan Saad, Pisang, Sumur Bandung. Pendirinya adalah Ny. Enung, yang mana mempelopori racikan resep Mie Kocok Saad yang legendaris.

Dalam seporsi Mie Kocok Saad, kamu pun bakal mendapatkan mie gepeng basad, kikil atau urat sapi, tauge, seledri, potongan daun bawang, dan bawang goreng.

Agar cita rasa mie jadi lebih segar, tambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera. Semangkok Mie Kocok Saad pun dibanderol seharga Rp27.000,-. Dengan harga tersebut, porsi dan rasa yang ditawarkan sangat sebanding dan jauh dari kata mengecewakan.

2. Mie Kocok SKM

Kuliner Bandung - Mie Kocok SKM via instagram.com/bmtheresia

Jika umumnya hidangan Mie Kocok kuliner Bandung mempunyai jenis kuah bening, maka Mie Kocok SKM punya kuah berwarna kuning. Kuah kuning ini adalah hasil dari campuran rempah lezat seperti ketumbar dan kunyit yang berpadu dengan kuah kaldu. Kalau kamu perhatikan lagi, Mie Kocok SKM memang agak mirip hidangan soto dengan isian ala Mie Kocok.

Tapi perkara rasanya, Ia tak perlu diragukan lagi karena sudah memanjakan lidah pelanggan sejak tahun 1970an. Alhasil, segera kunjungi saja lokasinya di Jalan Sunda, Sumur Bandung. Untuk seporsi Mie Kocok SKM harganya Cuma dipatok Rp25.000,- saja.

3. Mie Kocok H. Dayong

Kuliner Bandung - Mie Kocok H. Dayong via instagram.com/andrianikuyaw

Mie Kocok Bandung selanjutnya bertempat di wilayah Pasar Andir. Kuah Mie Kocoknya pun punya cita rasa kaldu yang kaya dengan aroma daging yang tak terlupakan.

Pasalnya, kuah kaldu tetelan yang dipakai memang direbus selama empat jam menggunakan api kecil. Sehingga, dalam semangkok Mie Kocok H. Dayong yang berharga Rp30.000,-, terdapat sensasi rasa kaldu yang premium dan kental.

Itu tadi ulasan terkait beberapa tempat bersantap Mie Kocok di kuliner Bandung. Yang mana nih yang kira-kira bakal kamu kunjungi lebih dahulu?