Di ibukota kamu bisa mencicipi beragam kuliner yang enak. Ada banyak masakan khas Jakarta yang menyajikan macam-macam hidangan, termasuk yang khas Sunda. Sayangnya, kelezatan kuliner Sunda tersebut kini makin susah dicari. Sama halnya dengan beberapa lauk pauk khas Betawi yang sudah semakin langka. Berikut sejumlah kuliner Sunda yang semakin sulit ditemukan.

Kadedemes

Masakan khas Jakarta - Kadedemes via Instagram/mutiarakuliner

Apa kamu tidak familiar dengan nama masakan ini? Ya, memang kadedemes sudah cukup jarang terdengar. Namun, orang-orang zaman dahulu menganggap masakan ini sebagai primadona. Bahan utamanya adalah kulit singkong yang warnanya putih. Sedikit unik, karena orang-orang Sunda mencampurkannya dengan bumbu tumis.

Cara mengolahnya juga cukup berbeda-beda. Masakan ini bisa diolah dengan cara dioseng lalu ditambahkan petai dan udang. Umumnya, orang membuang kulit singkong sebelum mengolahnya. Namun, ada juga yang justru menyulap kulit singkong tersebut menjadi masakan yang sedap.

Bakakak Ayam

Kalau kuliner Sunda yang ini memang langka, namun kamu masih bisa menemukannya. Ayam Bakakak diolah dengan cara sederhana yaitu diungkep dengan bumbu dan santan terlebih dahulu kemudian dibakar. Masakan khas Jakarta khususnya Sunda ini harus mengolah ayam dengan keadaan utuh.

Pertama, jeroan ayam dibersihkan kemudian bagian tengahnya dilumuri dengan bumbu. Setelah itu, ayam siap untuk dipanggang pada bara api. Biasanya kuliner ini seringkali disediakan pada sejumlah perayaan adat. Ayam Bakakak tidak hanya dibakar saja sebenarnya, terkadang juga digoreng kering.

Ulukutek Leunca

Masakan khas Jakarta - Ulukutek Leunca via Instagram/silfiapratiwi

Masakan Sunda yang langka berikutnya yaitu Ulukutek Leunca. Leunca atau ranti adalah sebuah sayuran yang rasanya pahit. Bahan masakan ini sendiri memadukan leunca dan oncom. Memang rasanya pahit, namun sajian ini dapat juga diolah jadi masakan yang sedap.

Kuliner Sunda ini seringkali dihidangkan sebagai menu utama. Di samping itu, sering pula leunca digunakan sebagai obat herbal, baik itu buah maupun daunnya sebab banyak khasiat yang dimilikinya. Leunca ini bisa dipakai sebagai obat herbal anti bakteri, untuk mengatasi hipertensi, jantung, dan sebagainya. Itulah tadi beberapa masakan khas Jakarta asli Sunda yang kini semakin langka. Sudah pernah coba?