Ngopi di kuliner Jogja, siapa bilang kamu mesti selalu membayar mahal? Kamu harus tahu kalau di Jogja, ada juga café yang pemiliknya begitu baik hati dan dermawan, sehingga kamu bisa membayar segelas kopimu dengan harga seikhlasnya.

Tak percaya? Kamu bisa datang langsung ke kedai Mari Ngopi Jogja di Jalan Ngadisuryan No. 12, Patehan, Kraton, Jogja. Mau tahu kenapa kedai ini bisa mengangkat konsep yang demikian? Apakah tidak rugi? Yuk selidiki jawabannya di bawah!s

Hobi Sang Pemilik dalam Meracik Kopi

Kuliner Jogja - Kedai Mari Ngopi Jogja via instagram.com/nongkringyk

Semua ini berawal dari kegemaran sang pemilik Kedai, Akrom Setiawan, dalam meracik kopinya sendiri. Akrom senantiasa punya keinginan agar kopi racikannya dapat dinikmati dan menyatukan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, pada tahun 2014 silam, akhirnya Akrom memutuskan untuk mendirikan Kedai Mari Ngopi yang sampai sekarang masih eksis berdiri.

Tak hanya sekedar hobi, Akrom memang punya pengalaman menjadi barista bersama sang istri yang pernah bekerja sebagai pelayan café. Pun kini hingga waktu berselang, Akrom telah merekrut lima barista untuk dipekerjakan di café-nya sendiri. Bagaimana? Inspiratif sekali, bukan?

Mengusung Ide Membayar Semampu Kantong

Sebuah slogan selalu didengungkan di café ala kuliner Jogja ini. Bunyinya adalah “Pilih Kopimu Mbayaro Sak Ikhlasmu”, yang mana artinya “Pilih Kopimu dan Bayarlah Seikhlasmu”. Bahkan, di meja bar untuk memesan, terdapat pula sebuah kotak uang tempat membayar yang dilengkapi tulisan “Hanya Tuhan dan kamu yang tau”. Wah, keren banget ya?

Namun pertanyaannya, apakah ini tidak membuat pihak café menjadi rugi? Sebaliknya, café ini malah kerap mendapatkan tips tambahan dari para pecinta kopi yang berkunjung kemari. Sebab, di café inilah siapa pun dapat merasakan aneka varian kopi dengan harga yang cuma-cuma.

Pilihan Varian Kopi dan Camilan yang Yahud

Kuliner Jogja - Kedai Mari Ngopi Jogja via instagram.com/dn_prstyo

Jenis kopi yang ditawarkan di sini didominasi oleh kopi yang dihasilkan oleh para petani kopi lokal di Pulau Jawa. Contohnya seperti Arabica dan Robusta dari Sindoro hingga kopi lokal dari kebun kopi Suroloyo di kawasan Kulonprogo.

Beberapa produk kopi yang jadi andalan di café ini pun mencakup single origin, latte, hingga tubruk. Sedangkan untuk pilihan menu minuman dan makanan lainya, kamu bisa memesan matcha, latte, susu, cokelat, roti bakar, kentang goreng, nachos, hingga pisang bakar yang yahud abis. Alhasil, kapan nih kamu bakal luangkan waktu ngopi bareng di kuliner Jogja ini?