Kota Solo mungkin punya hidangan Nasi Liwet sebagai panganan khas yang paling banyak digemari. Sedangkan Jogja sudah tentu mengandalkan sajian Nasi Gudeg-nya yang bikin nagih. Lantas, bagaimana dengan Kota Semarang?

Tenang, sejatinya ada makanan khas Semarang yang kenikmatannya tak kalah surgawi dan otentik banget dibandingkan kedua makanan di atas. Makanan khas Semarang yang enak itu pun dijuluki sebagai Nasi Ayam Bu Nyoto.

Makanan Khas Semarang yang Legendaris

Makanan Khas Semarang - Nasi Ayam Bu Nyoto via instagram.com/kokodemenkuliner

Nasi Ayam Bu Nyoto merupakan salah satu kuliner populer di Semarang. Bu Nyoto, perintis tempat makan ini mulai berjualan sejak tahun 1970-an. Awalnya dengan cara berkeliling, kemudian mangkal di tempat yang sama hingga sekarang ini.

Satu porsi nasi ayam berisi nasi, telur rebus bumbu bacem, potongan tahu, suwir ayam labu siam, krecek, dan tak ketinggalan siraman kuah opor. Penyajiannya masih mempertahankan cara tradisional, yaitu dengan memanfaatkan daun pisang yang dipincuk. Pilihan lauk sate-satean juga beragam, ada telur puyuh, sate ati ampela, sate usus dan lain-lain.

Cocok untuk Makan Pagi Hingga Makan Malam

Tempat makan ini hampir selalu ramai setiap harinya. Apalagi saat pagi hari, Nasi Ayam Bu Nyoto banyak dipilih sebagai menu sarapan yang mengenyangkan dan enak. Setiap pagi, orang-orang rela antre untuk mendapatkan seporsi nasi ayamnya.

Tempat makan ini mulai dari jam 06:00 hingga pukul 09:00 WIB. Kemudian sore hari buka lagi mulai dari jam 17:00 hingga pukul 21:00 WIB. Datang untuk sarapan ataupun makan malam tetap bisa menikmati kuliner Semarang enak satu ini.

Murah Meriah dengan Porsi Melimpah

Makanan Khas Semarang - Nasi Ayam Bu Nyoto via instagram.com/duniakulinersurabaya

Nasi Ayam Bu Nyoto berlokasi di Jl. MT. Haryono, Peterongan, Semarang Selatan. Merupakan warung tenda sederhana yang bertempat di SD St. Yusup, Semarang. Karena lokasinya berada di sekitaran sekolah, maka banyak pelanggan yang berdatangan.

Harga makanan di sini juga terjangkau, seporsi nasi ayam dipatok Rp18.000. Kemudian untuk jenis sate-satenya dibanderol Rp5.000 saja. Makanan khas Semarang ini perlu dicoba jika sedang jalan-jalan ke Semarang ya.