Musim hujan begini, paling mantap kalau kamu berburu santapan kuliner berupa semangkok soto. Kebetulan, kalau kamu sedang ada di wilayah Palembang, maka jangan lewatkan makanan khas Palembang bertajuk Soto Abah Opan.

Jika selama ini makanan khas Palembang pempek menjadi kuliner idola yang kerap dicari, maka Soto Abah Opan ini pamornya juga tidak kalah. Konon, kuahnya yang kental dan berwarna putih menjadi kunci kelezatannya yang utama.

Makanan khas Palembang Lawas yang Tetap Memikat

Makanan Khas Palembang - Soto Abah Opan via instagram.com/rini.effendy

Soto/Sop Abah Opan begitulah nama asli dari tempat makan ini. Setiap jam makan siang, warung ini selalu banjir pembeli, baik warga sekitar atau pekerja kantoran. Tidak hanya soal rasanya, kepopuleran dari soto ini tidak lain karena lamanya berjualan.

Dari beberapa sumber, pemiliknya sudah berjualan sejak tahun 1988 dengan menggunakan gerobak. Sempat ludes karena terbakar, di tahun 1997 kembali bangkit dan kini telah memiliki satu cabang.

Suwiran Ayam yang Menambah Nilai Kenikmatan Soto

Tempat makan yang berada di Jalan Kebon Duku ini menawarkan berbagai pilihan menu.  Ada soto, sayur asem, dan tempe bacem. Namun, yang menjadi andalan adalah soto dengan isian ayam, babat, daging, ati, ampela.

Kelezatan menu ini terdapat pada ayamnya. Cara memasaknya diungkep dengan bumbu spesial. Rasanya tentu saja nendang di lidah. Bahkan bagian terdalamnya, tak mengecewakan pecinta kuliner.

Keunikan lain dari Soto Abah Opan ada pada kuahnya. Disajikan terpisah dengan lauk, kamu bisa melihat perbedaan dengan soto lainnya. Konon, sajian ini muncul setelah pemiliknya mencoba mengkombinasikan dengan bahan-bahan pilihan soto lainnya. Cita rasanya unik, ada asam pedas yang menggigit. Sangat pas disantap dengan tambahan sambal ijo dan perasan jeruk nipis.

Ganyang Juga Aneka Lauk Tambahannya

Makanan Khas Palembang - Soto Abah Opan via instagram.com/dentist.chef

Meski telah berusia puluhan tahun, rasa yang disajikan makanan khas Palembang ini tak pernah berubah. Bahkan, isian yang digunakan. Agar menu makananmu makin nikmat, coba juga tambahkan aneka lauk yang ditawarkan. Ada tempe goreng, emping, telur asing, hingga perkedel. Semuanya nendang di lidah. Harganya juga terjangkau dan pastinya aman di kantong.