Ada satu hal yang menarik tentang deretan makanan khas Palembang yang hendak dibahas di bawah. Hal tersebut berkenaan dengan cita rasanya yang didominasi rasa manis nan legit menggoda. Faktanya, makanan dengan rasa manis tak selalu identik dengan makanan khas Jawa Tengah. Kuliner Palembang pun juga menyajikan berbagai sajian manis menggiurkan yang menggugah selera.

Bahkan, Ia akan lebih mantap lagi kalau dinikmati bersama aneka minuman khas Palembang yang menyegarkan. Nah, daripada kamu lama penasaran, sebaiknya segera catat dan serbu deretan panganan khas Palembang bercitarasa manis yang berikut ini.

1. Gulo Puan

Makanan Khas Palembang - Gulo Puan via instagram.com/iwashere_id

Mau jajanan yang manis-manis? Coba gulo puan yang sudah ada sejam zaman kesultanan di Palembang. Sayang, makanan ini kini mulai langka. Biasanya hanya muncul saat hari Jumat di depan Masjid Agung.

Isinya bukan dari gula merah, melainkan campuran gula (gulo) dan susu (puan) kerbau rawa yang dimasak hingga berbentuk karamel. Biasanya, gulo puan dihidangkan bersama dengan roti, pisang, goreng, hingga kopi.

2. Es Kacang Merah

Makanan Khas Palembang - Es Kacang Merah via instagram.com/dentist.chef

Mau yang segar-segar manis? Coba juga es kacang merah yang khas di Palembang. Sajian ini sederhana karena disajikan di atas mangkuk atau gelas. Isinya tidak hanya berupa kacang hijau saja. Cincau, tape, dan juga potongan alpukat segar yang siap memanjakan lidah. Tak hanya itu, ada tambahan es serut serta cairan gula untuk membuat rasa makanan khas Palembang ini makin nikmat.

3. Sate Cucuk Manis

Makanan Khas Palembang - Sate Cucuk Manis via instagram.com/dentist.chef

Berbeda dari biasanya, bumbu sate ini tidak memakai kacang dengan rajangan bawang merah. Namun, bumbunya menggunakan campuran tauco, cuka, dan kuah pindang. Warnanya kehitaman dengan aroma yang menggugah selera.

Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Mantap pol deh makanan khas Palembang satu ini! Sekali mencoba, kamu pasti bakal terus-terusan ketagihan. Makanya, sekalian ajak keluarga dan yang tercinta untuk melahap panganan istimewa ini ya!