Sudah banyak orang yang tahu kalau Papeda menjadi makanan khas Maluku yang sekaligus menjelma jadi makanan pokok Maluku. Tapi, ketika ditanya soal apa saja jajanan Maluku yang bisa dicicipi, pasti masih belum banyak yang tahu.

Oleh sebab itu, yuk kenali lebih dekat berbagai macam jajanan atau camilan khas Maluku yang bercitarasa mantap dan bikin ketagihan di bawah. Siapa tahu juga mereka bisa dijadikan olehh oleh ketika kamu pulang dari melancong di daerah sana!

1. Roti Kering Kenari

Makanan Khas Maluku - Roti Kering Kenari via instagram.com/tikadana

Bentuk dari roti kering kenari ini adalah seperti roti tawar yang diatasnya diberikan cacahan kacang kenari dan gula pasir. Citarasa dari kudapan satu ini adalah manis dan crunchy.

Proses pembuatannya adalah dengan cara dipanggang, jadi itulah yang menyebabkan teksturnya menjadi crunchy alias garing. Satu hal lagi, karena dibuat dengan cara dipanggang, roti kering kenari ini bisa bertahan lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Pisang Asar

Makanan Khas Maluku - Pisang Asar via instagram.com/makankeliling

Bukan cuma ikan saja yang bisa dimasak dengan metode asar sebagai makanan khas Maluku. Faktanya, masih ada jajanan Pisang Asar yang wajib banget untuk kamu cobain. Pisang Asar terbuat dari pisang raja yang kemudian dipanggang ataupun dalam bahasa Maluku nya diasar.

Karena dipanggang, pisang asar ini memiliki warna kecokelatan. Citarasanya cenderung manis karena dipadukan dengan bahan-bahan seperti halnya susu kental manis, gula pasir, margarin dan juga sedikit garam. Enak dinikmati dengan teh ataupun juga kopi hangat.

3. Gogos Ikan

Makanan Khas Maluku - Gogos Ikan via instagram.com/chandralikke

Sekilas, gogos ikan mirip dengan lemper. Tetapi jika dirasakan akan sedikit berbeda. Pasalnya lemper biasanya berisi suwiran ayam, sementara sesuai namanya gogos ikan berisi daging ikan. Sama seperti lemper, kuliner khas Maluku ini juga memanfaatkan ketan sebagai bahan bakunya utamanya. Bedanya lagi, proses pemasakan gogos ikan ini dengan cara dibakar.

Makanan khas Maluku ini meski hanya sebuah jajanan tapi bisa dibilang cukup mengenyangkan. Sekali menyantapnya, sepertinya satu buah saja tidak cukup. Jadi, pastikan kamu membeli lebih dari satu buah saja ya!