Makanan khas Lombok mana sih yang paling menjadi favoritmu? Kebanyakan orang pasti bakal menyebutkan menu Ayam Taliwang hingga sayuran Plecing Kangkung.

Tapi, kalau kamu benar-benar seorang penduduk asli Lombok, kamu bisa jadi ikut menyebutkan menu Sate Rembiga ala Bu Sinnaseh. Bukannya tanpa alasan, panganan yang juga bisa jadi oleh oleh khas Lombok ini memang bukan main nikmatnya. Bumbunya pun diracik dari rempah-rempah Lombok yang istimewa.

Dijual Sejak Tahun 90an

Makanan Khas Lombok - Sate Rembiga Bu Sinnaseh via instagram.com/jocelinesetiawan

Sate unik yang terbuat dari daging sapi berbumbu khas ini menjadi salah satu incaran wisatawan saat ke Lombok. Dan Rumah Makan Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang tak pernah sepi oleh pengunjung.

Letak tempat makan ini Desa Rembiga, Kota Mataram. Konon, Ibu Sinnaseh menjadi pelopor sate rembiga di Lombok. Setidaknya, sudah bukan sekitar tahun 1990-an dan langsung populer sejak pertama jualan.

Bahan utama untuk membuat sate ini berupa daging sapi. Namun, pilihan dagingnya tak asal, karena dapat mempengaruhi cita rasa. Tempat makan ini menggunakan daging dari sapi yang hidup liar di padang rumput, bukan yang dikurung dalam kandang. Rasanya lebih manis dan memiliki serat lebih halus. Bisa dibayangkan bagaimana rasa dari sate dengan pilihan daging istimewa ini kan?

Citarasa Bumbu Sate yang Mantap Jiwa

Selain pilihan daging, bumbu yang digunakan juga tak kalah spesial. Ada bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, gula merah, dan garam. Istimewanya ada tambahan terasi Lombok yang membuatnya rasanya unik. Bumbu ini diulek dan kemudian dicampur dengan tumbuan daging sapi selama 2 jam.

Barulah, bahan siap ditusuk dan dibakar. Menu istimewanya ini hasilnya akan kaya rasa, manis pedas, dan teksturnya empuk banget. Alhasi, makanan khas Lombok ini pas banget disantap saat keadaan hangat.

Dihidangkan dengan Lontong Kerucut

Makanan Khas Lombok - Sate Rembiga Bu Sinnaseh via instagram.com/horizonhoman

Sedikit berbeda dengan sate biasanya, hidangan di rumah makan Ibu Sinnaseh ini tidak menggunakan bumbu atau kacang. Rasanya sudah kuat karena direndam dengan aneka rempah. Nah, seporsi sate rembiga ini disajikan bersama lontong. Bentuknya untuk karena dibungkus daun membentuk kerucut. Rasanya khas banget dan pas menjadi teman dari makanan khas Lombok ini.