Semenjak demam budaya Korea semerbak menjalar ke seluruh penjuru, Indonesia pun tidak ketinggalan terkena imbasnya. Mulai dari jenis musik hingga makanan Khas Korea pun tak henti-hentinya diserbu oleh banyak pemuda-pemudi Nusantara.

Terkhusus bagi kamu yang juga penasaran mencicipi aneka panganan khas Negeri Ginseng tersebut, kamu wajib berhati-hati. Karena, ada makanan Khas Korea yang Halal dan ada yang tidak. Oleh sebab itu, yuk cari tahu terlebih dahulu beberapa nama makanan Korea beserta bahan dasarnya agar kamu aman saat memakannya!

1. Jjangmyeon

Makanan Khas Korea - Jjangmyeon via instagram.com/onnolove

Makanan khas Korea pertama yang biasa ada di daftar menu adalah Jjajangmyeon. Hidangan ini sedikit mirip dengan mie ayam. Namun, warna sedikit kehitaman karena menggunakan saus kedelai hitam yang kental. Biasanya, disajikan dengan sayur dan potongan daging di atasnya. Jika di Korea Selatan menggunakan daging babi, restoran di Indonesia biasanya menggunakan daging ayam sebagai gantinya.

2. Ramyeun

Masih berbahan dasar mie, restoran Korea selalu hadir dengan menu makanan khas Korea bertajuk ramyeun. Nah, menu ini disebut-sebut mirip dengan ramen dari Jepang.

Namun, tentu ada banyak perbedaan yang bakal diketahui setelah mencobanya. Ramyeun di resto-resto disajikan dengan kuah kental yang sedap dan sedikit pedas. Biasanya menu tersebut disajikan bersama kimchi. Berbeda dengan ramen yang punya banyak topping.

3. Bulgogi

Makanan Khas Korea - Bulgogi via instagram.com/@indonesiafoodjourney

Hobi nonton drama Korea? Pasti tak asing lagi dengan irisan daging tipis yang dipanggang kan? Nah, menu yang dimakan dengan cara dibungkus dengan daun selada ini namanya bulgogi. Di Korea, bahan yang digunakan biasanya berupa daging babi. Tak perlu khawatir, restoran Korea di Indonesia biasa menggunakan daging sapi yang telah dibumbui.

4. Kimchi

Makanan di resto Korea dan hits banget adalah kimchi. Namanya memang sering didengar, tapi tahukah kamu apa sebenarnya kimchi ini? Yap, kimchi merupakan makanan khas Korea berupa sayuran yang difermentasi. Sekilas mirip banget dengan asinan. Namun, bahannya berupa sawi putih, lobak dan mentimun. Biasanya hidangan satu ini disajikan dengan nasi hangat atau jadi topping di ramyeon.