Berbicara tentang Jepang, negara ini banyak bermunculan inovasi yang kreatif. Tak heran, banyak produk-produk dengan bentuk aneh yang bisa dijumpai di sini. Mulai dari baju, karya seni, hingga bagian makanan khas Jepang.

Apalagi kulinernya, di sini terdapat banyak makanan yang lezat sekaligus aneh, salah satunya ada Dancing Squid. Nah, berikut beberapa deretan kuliner di Jepang yang aneh, penasaran seperti apa rasanya?

1. Dancing Squid

Makanan Khas Jepang - Dancing Squid via instagram.com/pris1002

Katsu Ika Odori-don atau dancing squid merupakan rice bowl dengan cumi di atasnya. Hal aneh dari kuliner ini adalah cumi yang ada di atas nasi akan bergerak jika diberi kecap asin atau shoyu. Cumi terlihat menggeliat di dalam mangkuk, bahkan sampai ada yang jatuh.

Banyak yang mengira bahwa cumi ditaruh dalam keadaan hidup, namun faktanya tidak begitu. Cumi terlihat bergerak karena adanya reaksi natrium klorida atau garam yang terkandung di dalam shoyu. Walaupun otaknya sudah tidak berfungsi, akan tetapi sel ototnya masih bisa menerima rangsangan.

2. Daging Kuda Mentah

Makanan Khas Jepang - Daging Kuda Mentah via instagram.com/shinkinniichan

Makanan khas Jepang identik dengan seafood, akan tetapi orang Jepang juga suka mengkonsumsi Basashi atau daging kuda mentah. Hidangan ini bisa dijumpai di beberapa daerah seperti di Tohoku, Kumamoto, Nagano, dan Oita.

Biasanya daging kuda yang mentah ini disajikan bersama potongan bawang bombay, jahe, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memasukkan campuran bahan tadi ke dalam shoyu kemudian diaduk. Basashi ini bertekstur lembur dan mudah dikunyah, serta memiliki rasa yang gurih. Daging kuda mentah kaya akan protein dan bermanfaat bagi tubuh.

3. Inago no Tsukudani

Makanan Khas Jepang - Inago No Tsukudani via instagram.com/timallan.schaeufelin

Dalam bahasa Indonesia, Inago berarti belalang, sedangkan tsukudani adalah kecap manis yang direbus beserta bumbu yang mengandung alkohol. Inago ini merupakan makanan yang disukai masyarakat Jepang.

Tentu saja berbeda dengan yang ada di Indonesia. Belalang di sini sudah direbus bersamaan dengan bumbu khas Jepang. Makanan khas Jepang ini banyak ditemukan di daeraeh Yamagta dan Gunma. Wah, kira-kira kamu berani tidak untuk mencobanya?