Ketika kamu mampir ke Jogja, Solo, atau Semarang, kamu pastinya tidak mau dong ketinggalan menyerbu aneka makanan khas Jawa Tengah yang ada di sana. Sama halnya kala kamu bertandang ke Kediri, jangan hanya sibuk berfoto di depan landmark Simpang Lima Gumul saja!

Kamu pun wajib menyisihkan waktumu untuk berburu deretan makanan khas Jawa Timur nikmat ala Kediri yang berikut ini. Beruntungnya lagi, semuanya tergolong murah meriah. Jadi, jangan ragu untuk mengisi perut dengan kuliner-kuliner kebanggaan Kediri di bawah!

1. Tahu Takwa

Makanan Khas Jawa Timur - Tahu Takwa via instagram.com/triwulandari_

Dijuluki sebagai Kota Tahu, Kamu harus icip Tahu Takwa saat berlibur ke Kediri. Kehadiran tahu di Kediri, dibawa langsung oleh warga Tiongkok yang bermigrasi ke wilayah ini.

Pada 1912, Lauw Soe Hoek, mulai membuka usaha pembuatan tahu. Kawasan ini dipilih para warga Tiongkok karena karakteristik air yang ada di Kediri  memiliki kesamaan dengan yang ada di Tiongkok. Tahu Takwa punya warna yang kuning terang keemasan, teksturnya kenyal dan padat.

2. Sate Emprit

Makanan Khas Jawa Timur - Sate Emprit via instagram.com/kulinerankediri

Makanan khas Jawa Timur dari Kediri dengan bahan yang unik bisa ditemukan di kawasan Gurah. Di sini ada sebuah kedai yang menjual sate emprit. Masyarakat sekitar, mengenalnya dengan nama Sate Emprit Mbah Darmo.

Makanan ini merupakan sajian sate dengan bahan dasar Burung Emprit atau Pipit. Jika hobi dengan sate ayam, wajib coba kuliner yang satu ini. Selain itu, tersedia juga menu krengsengan emprit. Harga sate emprit per porsinya sekitar Rp 20 ribu, sementara krengsengan seharga Rp 13 ribu.

3. Gethuk Pisang

Makanan Khas Jawa Timur - Gethuk Pisang via instagram.com/sartikanoriza

Kalau masih belum familiar dengan sate emprit, Kamu boleh coba gethuk pisang. Penganan ini terbuat dari pisang raja nangka yang memang punya aroma khas. Ia dibungkus menggunakan daun pisang; persis seperti lontong. Rasanya manis legit, teksturnya pun empuk dan mengenyangkan.

Menurut cerita, Dewi Sekartaji dari Kerajaan Jenggala juga sangat menyukai jajanan ini. Saat ke Kediri, jangan lupa beli makanan khas Jawa Timur ini sebagai oleh-oleh ya.