Varian kuliner sate sebagai salah satu makanan khas Jawa Timur memang sudah tersohor namanya. Sebut saja kuliner sate Madura, Sate Gebug Malang, hingga yang hendak dibahas berikut ini, yakni sate Karak Surabaya.

Makanan khas Jawa Timur Surabaya ini nampaknya bisa dijadikan pilihan santapan kuliner unik di Kota Pahlawan. Mengapa bisa dianggap unik? Yuk segera cari tahu jawabannya lewat sajian ulasan di bawah.

Makanan khas Jawa Timur Tradisional Asli Surabaya

Makanan Khas Jawa Timur - Sate Karak via instagram.com/sbykulinerinfo

Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Konon, makanan ini diklaim asli dari kawasan Ampel, Surabaya di bagian utara. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. Sayang, kini sate karak makin punah. Bahkan, tidak sedikit generasi muda yang tidak mengenal kuliner istimewa ini.

Arti Julukan Karak yang Tak Biasa

Karak yang dijadikan sate ini bukan kerupuk nasi seperti di Solo. Bahan utamanya berupa jeroan sapi terutama usus yang diberi bumbu spesial. Ukurannya cukup besar dan pastinya bikin kenyang.  Seperti lainnya, sate ini juga ditusuk menggunakan lidi dan kemudian dipanggang di atas arang. Biasanya sate karak tidak hanya menggunakan usus, tapi juga dicampur dengan potongan daging.

Mengenyangkan dengan Tambahan Suguhan Ketan Hitam

Makanan Khas Jawa Timur - Sate Karak via instagram.com/photoexplorerid

Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah hidangan pendampingnya. Biasanya, sate selalu disajikan bersama dengan potongan lontong. Namun, kuliner Surabaya ini dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur pengganti lontong ini tidak terlalu lengket. Jadi sangat mudah untuk disantap. Meski berbeda dari lainnya, tapi kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Perpaduaan sate karak dengan ketan hitam makin istimewa dengan bumbu uniknya. Bukan sambal kacang, tapi kelapa parut berbumbu atau serundeng yang memiliki rasa manis dan gurih. Selain itu, ada juga tambahan bubuk kedelai pedas yang istimewa.

Salah satu warung sate karak yang masih berjualan hingga saat ini adalah Sate Karak Ampel Lonceng. Nama tersebut diambil dari lokasinya yang berada di gang Ampel Lonceng. Tepatnya di Jalan K.H. Mas Mansyur. Jadi, kapan kamu bakal luangkan waktu untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur yang satu ini nih?