Siapa sih yang tidak ngiler dengan sajian kuliner bertajuk nasi goreng? Jangankan orang Indonesia, sudah banyak juga kok para wisatawan luar negeri yang mengakui kelezatan menu makanan yang satu ini. Sampai-sampai, Ia masuk dalam daftar makanan terenak sedunia versi CNN.

Terkhusus di wilayah Jogja, kamu pun bisa menyantap sebuah makanan khas Jawa Tengah yang bernama Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo. Makanan khas di Yogyakarta ini lho yang katanya menjadi salah satu nasi goreng termaknyus di Kota Pelajar!

Tetap Eksis Sejak Era 1960an

Makanan Khas Jawa Tengah - Nasi Goreng Beringharjo via instagram.com/christhartono

Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo atau yang lebih dikenal dengan Nasi Goreng Beringharjo ini ternyata awalnya merupakan lapak sederhana di sekitaran Pasar Beringharjo. Nama yang diusung sesuai dengan lokasinya berjualan. Jika sedang jalan-jalan di sekitaran Malioboro, kamu bisa mencoba makanan khas Jawa Tengah yang enak ini.

Konon katanya, Nasi Goreng di sekitaran Pasar Beringharjo ini cikal bakal dari Nasi Goreng Pak Teguh dengan olahan nasi goreng babinya. Pak Teguh ternyata dahulunya merupakan salah satu karyawan di Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo. Meskipun begitu, ada cita rasa tersendiri yang membuat Nasi Goreng Pak Teguh dan Nasi Goreng Pak Tedjo memiliki pelanggan masing-masing.

Varian Nasi Goreng dengan Topping Daging Beragam

Menu yang ditawarkan di tempat makan Jogja ini utamanya memang nasi goreng. Mulai dari nasi goreng ayam sampai dengan daging babi. Selain itu, ada pula menu lainnya yang bisa dipilih. Yakni, rica-rica, cap cay, ataupun juga sop.

Nasi goreng Jogja ini terkenal dengan rasanya yang nikmat. Keunikannya ada cara memasak nasi gorengnya. Jika kebanyakan penjaja nasi goreng memasak dagangannya sesuai dengan pesanan, lain halnya dengan yang di sini.

Nasi Goreng Beringharjo dimasak dalam jumlah yang besar, kira-kira setengah bakul besar nasi ditungakn di atas wajan dan kemudian dimasak sekalian. Jadi tak perlu antre lama, deh.

Dibanderol dengan Harga Murah

Makanan Khas Jawa Tengah - Nasi Goreng Beringharjo via instagram.com/christhartono

Nasi Goreng Beringharjo Pak Tedjo ini berada di Jl. Mayor Suryotomo, Ngupasan, Gondoman, Yogyakarta, atau di jalan kecil menuju Taman Budaya dan Taman Pintar. Bukanya mulai dari jam 17:30 hingga dini hari. Satu porsi nasi goreng di sini rata-rata harganya Rp10.000-an. Cukup terjangkau, bukan?

Sekilas memang tampilan nasi goreng di sini sangat sederhana. Meskipun begitu, rasanya tak bisa diremehkan begitu saja. Jadi, jika kamu ingin menyantap makanan yang murah dengan citarasa surga di Jogja, maka makanan khas Jawa Tengah ini bisa jadi pilihan.