Kota Semarang memang paling kondang soal kuliner lumpianya. Akan tetapi, hal ini tak menjadikan Semarang sebagai kota penghasil makanan khas Jawa Tengah berupa lumpia saja.

Sejatinya, masih ada banyak panganan khas Semarang dengan ciri makanan khas Jawa Tengah yang kental. Sekali mencicipinya, kamu pun dijamin bakal ketagihan. Nah, biar tak penasaran lagi, yuk simak informasi mengenai deretan kuliner khas Semarang yang wajib dijajal setidaknya sekali seumur hidup ini!

1. Mie Sang Kie

Kuliner semarang cukup legendaris pertama yang bisa Kamu tuju ada di Gang Lombok. Bagi kalian yang gemar menyantap varian hidangan mie bisa langsung meluncur Mie Sang Kie. Kedai ini termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial.

Ada beberapa jenis kuliner semarang yang bisa Kamu coba di Mie Sang Kie. Namun yang jadi andalan adalah Mie Godok alias Mie Rebus. Seporsinya terdiri dari mie, potongan kecil telur dadar, kekian. Semua bahan tersebut lantas disajikan bersama kuah kaldu hangat yang nikmatnya luar biasa.

2. Gulai Kambing Bustaman

Makanan Khas Jawa Tengah - Gulai Kambing Bustaman via instagram.com/kisahkulinerku

Semarang juga punya sajian gulai legendaris. Namanya Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar dan sudah buka sejak 1969. Sebelum menyantap makanan khas Jawa Tengah nikmat ini, Kamu bisa berjalan-jalan sejenak karena warungnya terletak di kawasan Kota Lama. Kalian tinggal berjalan ke belakang Gereja Blenduk untuk menemukannya.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar punya ciri khas kuah encer namun rasanya tetap gurih. Penggemar masakan kambing dijamin bakal puas, karena sajian ini juga hadir bersama potongan jerohan.

Porsinya juga lumayan besar, cukup disantap untuk dua orang jika sedang tidak terlalu lapar. Jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis dan potongan bawang merah mentah agar rasa gulenya terasa kian mantap.

3. Ayam Goreng Pakne Heksa

Makanan Khas Jawa Tengah - Ayam Goreng Pakne Heksa via instagram.com/vie_evie07

Ayam Goreng merupakan salah satu masakan populer di Indonesia. Jika kebetulan berada di Semarang, Kamu bisa mencoba ayam goreng bikinan Pakne Heksa. Rasanya gurih, bumbu rempahnya begitu meresap, tekstur dagingnya juga sangat lembut.

Ayam Goreng Pakne Heksa lebih lezat jika dinikmati bersama sambal cobek. Bagi yang tidak terlalu suka pedas, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan permintaan khusus terkait jumlah cabai yang digunakan.

Selain ayam, warung ini juga menyediakan makanan khas Jawa Tengah berupa olahan bebek, lele, udang, dan burung dara. Kamu pun bisa langsung meluncur ke Taman Kuliner Ventura yang ada di Jl Ki Mangunsarkoro no 15.