Makanan khas Jawa memang selalu bikin kangen dan bikin ngiler. Apalagi makanan khas Jawa Tengah yang umumnya didominasi citarasa gurih nan legit di lidah. Seperti halnya dengan kuliner yang datang dari Kota Pelajar Jogja ini nih.

Nama makanan khas Jawa Tengah tersebut adalah Gudeg Koyor Mas Jede. Sedikit berbeda dari gudeg Jogja pada umumnya, Gudeg Koyor Mas Jede memadukan sajian koyor alias urat sapi yang kenyal ke dalam menu gudegnya! Wah, jadi penasaran kan seperti apa kelezatannya?

Buka Sejak Pagi Hingga Dini Hari

Makanan Khas Jawa - Gudeg Koyor Mas Jede via travelingyuk.com

Warung gudeg Mas Jede beralamat di Jalan Seturan Raya No.27B, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Bagi Kamu yang kebetulan landing di Bandara Adisutjipto, Gudeg Koyor Mas Jede bisa jadi alternatif tempat untuk sarapan hingga makan malam.

Pasalnya, warung buka setiap hari dari jam 07.00 hingga pukul 01.00 WIB. Dari Bandara Adisutjipto hanya memerlukan waktu 10 menit dengan mengarahkan kendaraan melewati Jalan Ringroad Utara, kemudian belok kiri mengambil Jalan Seturan Raya.

Dengan banner nama yang cukup besar dengan warna hijau, makanan khas Jawa Tengah ini cukup mudah untuk ditemukan. Di depan warung berjejer panci-panci dengan isian gudeg dan pilihan lauk yang beragam.

Kursi dan meja tertata di sisi selatan, sedangkan tempat duduk lesehan di sebelah utara. Selain menawarkan kuliner yang nikmat, pengunjung akan dibikin betah karena fasilitas free WiFi yang diberikan.

Istimewanya Koyor Sapi dengan Bumbu Meresap

Sesuai namanya, Gudeg Koyor Mas Jede memadukan sesuatu yang beda pada gudegnya yakni koyor. Yap, urat sapi yang memiliki tekstur kenyal seperti kikil. Di sini, koyor diolah hingga teksturnya empuk tanpa perlawanan ketika digigit. Porsinya juga melimpah dengan kuah areh di atasnya. Bisa dibayangkan kelezatannya, bukan?

Gudeg biasanya disajikan lengkap bersama dengan nasi putih, sambal krecek, dan sayur singkong. Namun di sini makin lengkap dengan koyor sapi. Untuk satu porsi dibanderol dengan harga Rp22.000. Porsi yang disajikan pun terbilang cukup besar dan bakal membuat perut kenyang.

Jangan Lupa Lauk Tambahannya

Makanan Khas Jawa - Gudeg Koyor Mas Jede via travelingyuk.com

Bagi Kamu yang tidak menyukai koyor, bisa juga untuk memadukan lauk yang lain. Ada banyak jenisnya, seperti ayam hingga jengkol. Mungkin pelengkap seperti ayam, telur, tahu, dan tempe sudah biasa, namun pelengkap seperti kikil, pete, dan jengkol terbilang unik.

Bisa dicoba nih untuk mendapatkan sensasi unik ketika menyantap gudeg. Aneka lauk yang ditawarkan pada makanan khas Jawa Tengah ini memiliki harga yang bervariasi mulai Rp1.000 saja.