Capek setelah seharian keliling Kota Bandung, kamu tentu sudah terbayang lezatnya bersantap makanan khas Jawa Barat yang nendang abis. Sejak dulu, makanan khas Sunda memang jadi varian kuliner Nusantara yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Kamu pun bakal rugi jika tak mencicipi aneka makanan Sunda di Kota Kembang yang otentik. Nah, biar kamu tak perlu pusing-pusing lagi mencari referensi makanan Sunda terlazis di Bandung, berikut adalah daftar warung nasi khas Sunda yang mesti kamu datangi.

1. Warung Nasi Ibu Eha

Makanan Khas Jawa - Warung Nasi Ibu Eha via instagram.com/irawanstory

Warung Nasi Ibu Eha merupakan tempat makan sederhana yang telah ada sejak tahun 1947, tiga tahun setelah Indonesia merdeka. Perintis kuliner ini merupakan Mak Eha yang ternyata juru masak Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada Agresi Militer Belanda II. Untuk menu-menu yang ditawarkan, kebanyaan memang santapan khas Sunda. Sebut saja gepuk, urap, perkedel, sambak dadaknya yang istimewa dan lain-lain.

Warung Nasi Mak Eha berada di dalam Pasar Cihapit, di Jl. Riau. Biasanya, tempat makan ini buka dari Senin-Sabtu mulai jam 06:00 hingga 16:00 WIB. Makanan di warung nasi tersohor di Bandung satu ini dibanderol dari Rp6.000 sampai dengan Rp30.000.

2. Warung Nasi Ibu Imas

Makanan Khas Jawa - Warung Nasi Ibu Imas via instagram.com/warungnasi_ibuimas

Tidak kalah kondang di Bandung ada Warung Nasi Ibu Imas. Tempat makan makanan khas Jawa Barat ini sudah dirintis sejak tahun 1980-an. Ada pepes ikan, ayam bakar, ayam goreng, dan lain-lain. Untuk menu yang difavoritkan, ada ayam goreng dengan sambal dadak dan karedok leunca.

Lokasinya warung nasi tersohor di Bandung ini bisa ditemukan di Jl. Balong Gede No. 67, No. 94, No. 38, dan Jl. Pungkur No. 81, Bandung. Tempat makan ini menawarkan beragam menu yang dipatok mulai dari Rp3.000 saja.

3. Warung Nasi SPG

Makanan Khas Jawa - Warung Nasi SPG via instagram.com/just.eat.talk

Kemudian ada Warung Nasi SPG yang menawarkan beragam lauk pauk dan menu khas Bumi Parahyangan. Beberapa contoh menu unggulan yang ditawarkan adalah ayam kecap manis, ayam goreng serundeng, ayam bakar, dan lain sebagainya. Enaknya, para pengunjung bisa mengambil nasi sendiri sepuasnya jika makan di tempat.

Alamat Warung Nasi SPG ini berada di Jl. Balonggede. Makanan khas Jawa Barat satu ini tidak dijajakan di kios melainkan warung tenda yang dirintis mulai tahun 1999. Untuk harga makanannya, satu porsinya mulai dari Rp18.000 hingga Rp20.000. Bukanya mulai dari jam 07:00 hingga pukul 18:00 WIB.