Ketika berwisata ke daerah Semarang, maka sudah tentu kamu wajib membeli oleh oleh berupa lumpia. Di Kota Medan, oleh oleh yang tepat untuk diborong adalah Bika Ambon. Tapi, bagaimana kalau kamu berwisata ke Jambi dan ingin membeli buah tangan berupa makanan khas Jambi?

Tak perlu bingung, di bawah telah disiapkan daftar kue tradisional kota Jambi Jambi yang paling cocok diserbu sebagai oleh oleh istimewa. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini.

1. Dodol Kentang

Makanan Khas Jambi - Dodol Kentang via instagram.com/galeri_jambi

Garut memang surganya dodol, tapi Jambi juga punya dodol yang unik dan tidak ada di daerah lainnya, namanya adalah Dodol Kentang. Ini merupakan hasil pertanian langsung dari pada penduduk yang terdapat di kaki Gunung Kerinci, Jambi. Kentang ini diolah seperti dodol pada umumnya. Namun lantaran terbuat dari kentang, teksturnya berbeda, lebih halus.

2. Dodol Nanas

Jambi terkenal dengan komoditi utamanya adalah nanas. Jadi, selain dodol kentang, nanas di sini juga diolah menjadi buah tangan untuk para wisatawan. Dodol nanas ini sangat banyak ditemui di Muarojambi. Tapi, di daerah lainnya di Jambi juga banyak. Jadi, kamu tak perlu khawatir saat mencari makanan khas Jambi ini. Rasanya enak, legit, dan bikin nagih.

3. Duku Kumpeh

Makanan Khas Jambi - Duku Kumpeh via instagram.com/zenbongsoe

Selain dua dodol di atas, ada juga buah asli dari Jambi yang bisa untuk dijadikan sebagai buah tangan. Namanya adalah Duku Kumpeh karena tumbuhannya banyak terdapat di daerah yang bernama Kumpeh di Muarojambi.

Buah ini juga ada di Palembang, jadi jika kamu beli di sana juga tidak masalah. Memang ada sedikit “perebutan”apakah Duku Kumpeh ini milik Jambi ataupun Palembang, namun satu yang pasti, buah satu ini memiliki rasa yang enak.

4. Kue Bolu Kojo

Kue Bolu Kojo khas dari Jambi ini berbeda dengan yang terdapat di Palembang. Meskipun namanya sama, Bolu Khas Jambi ini memiliki ciri khas disajikan tanpa adanya lapisan, atau dengan kata lain hanya dihidangkan dalam bentuk polos berwarna hijau. Rasanya lembut, manis dan kemasannya juga sudah menarik. Jadi, tunggu apa lagi ya, jika berkunjung ke Jambi jangan lupa untuk membeli makanan khas Jambi ini.