Layaknya makanan khas Nusantara daerah lainnya, makanan khas Jambi menonjolkan cita rasa yang kaya rempah dan nendang di lidah. Bagi kamu yang belum pernah menjajal aneka kuliner Jambi, maka jangan sampai kamu akhirnya merugi.

Mulai sekarang, masukkan jajaran makanan tradisional khas Jambi berikut ke daftar menu wisata kulinermu. Siapa tahu, makanan-makanan di bawah akan menjadi makanan tradisional yang bakal menjadi hidangan favoritmu!

1. Daging Masak Itam

Makanan Khas Jambi - Daging Masak Itam via instagram.com/marbellaanis

Dilihat dari tampilannya, Daging Masak Itam sangat mirip dengan semur – hidangan yang cukup populer di Jawa. Namun dari segi proses memasak dan rasa, dua masakan tersebut punya ciri khas masing-masing.

Masyarakat Jambi biasa menggunakan daging has dalam untuk membuat Daging Masak Itam. Bumbu dan bahan lain yang digunakan antara lain kelapa, adas manis, kecap, kayu manis, jintan, dan pala bubuk.

2. Nasi Gemuk

Jika Daging Masak Itam punya penampakan mirip semur, lain lagi dengan Nasi Gemuk. Dari segi plating atau penataan, kuliner khas Jambi ini hampir sudah dibedakan dengan nasi lemak atau nasi uduk Betawi.

Makanan khas Jambi ini dimasak dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti beras, daun pandan, santan, daun jeruk, dan daun salam. Lauk pelengkapnya bisa ditentukan sesuai selera, namun warga Jambi biasanya sering menyajikan makanan ini bersama telur atau ayam goreng.

3. Sup Tulang

Makanan Khas Jambi - Sup Tulang via instagram.com/thaqifnor

Bagaimana jadinya jika tulang dijadikan sup? Tentu akan nikmat karena kuahnya bakal terasa gurih, berkat kaldu dari sisa-sisa daging yang masih menempel. Begitu pula dengan sup tulang khas Jambi ini. Aroma kaldunya begitu harum dan menggugah selera. Sup tulang termasuk salah satu hidangan asli Jambi yang hingga kini punya banyak penggemar setia.

4. Gandus

Bahan utama untuk membuat Gandus adalah sagu, tepung beras, santan, bawang putih, plus garam. Bentuknya ada bermacam-macam; bulat maupun persegi. Biasanya di bagian atas akan diberi pelengkap berupa taburan abon, udang, maupun ayam. Gandus termasuk makanan khas Jambi yang cukup populer di Sumatra. Selain di Jambi, kita juga bisa menemuinya di daerah Palembang.